PPI Dunia Bantu Tanam Terumbu Karang di Banyuwangi  

  • 02 Agustus 2022 11:15:05
  • Views: 2

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sebagai salah satu bukti pengabdian masyarakat PPI Dunia Kabinet Cendekia Apik ikut serta melestarikan ekosistem laut di Banyuwangi. Kali ini organisasi yang di anggotai oleh seluruh pelajar Indonesia yangmenempuh Pendidikan di luar negeri ikut menanam terumbu karang di area pantai kota Gandrung tersebut.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Koordinator PPI Dunia Faruq Ibnul Haqi. PPI Dunia dalam hal ini berkolaborasi dengan Indonesia Coral Institute (ICI). Penanaman terumbu karang dilaksanakan di Pantai Grand Watu Dodol, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Penanaman terumbu karang ini melibatkan penyelam bersertifikat dari beberapa komunitas penyelam dan masyarakat pecinta penyelam di Pantai GWD Banyuwangi. Kegiatan ini juga didukung oleh Pokdarwis setempat dan beberapa mahasiswa dari beberapa universitas di Jawa Timur yang sedang melakukan KKN di daerah tersebut.

PPI-Dunia-2.jpgAnggota PPI Dunia Kabinet Cendekia Apik bersama beberapa lainnya di pantai GWD, Banyuwangi. (Foto: PPI Dunia)

“Dengan melakukan program transplantasi terumbu karang ini, semoga membuat panorama yang indah didasar laut dan bisa memperkuat identitas Pantai GWD menjadi salah satu destinasi dunia untuk wisata terumbu karang kedepannya, ungkap Faruq yang juga merupakan kandidat doktor dari University of South Australia.

Khoirul Umam Bendahara Umum PPI Dunia yang ikut serata dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa program Creation PPI Dunia ini telah direncanakan lama dari awal kepengurusan. Program pengabdian masyarakat ini adalah sebagai wujud upaya bagaimana kita mensosialisasikan terumbu karang sebagai salah satu upaya penyelamatan pesisir demi kebaikan masa depan.

Menurutnya, hal ini juga akan berdampak baik bagi kehidupan biota laut. Kekeyaan laut yang berada di daerah pantai GWD tersebut nantinya akan memebrikan sumbangsih besar sebagai sumber mata pencaharian nelayan. Program PPI Dunia ini merupakan investasi jangka panjang yang akan dinikmati dimasa mendatang.

PPI-Dunia-3.jpgSuasana di pantai GWD Banyuwangi. (Foto: PPI Dunia)

Direktur Eksekutif Indonesia Coral Institute (ICI), Dr. Irfan Hadi juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PPI Dunia. Irfan jugamengungkapkan rasa terimakasih yang dalam atas dukungan PPI Dunia dalam program transplantasi terumbu karang di Pantai GWD, Banyuwangi.

“Kami sangat mengapresiasi PPI Dunia hadir ke Banyuwangi. Ini membuktikan bahwa PPI Dunia sebagai organisasi terbesar yang mewadahi pelajar Indonesia di luar negeri masih memiliki kepedulian terhadap masa depan ekosistem laut di Indonesia dengan program Creation PPI Dunia, ungkapnya.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421322/ppi-dunia-bantu-tanam-terumbu-karang-di-banyuwangi--

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421322/ppi-dunia-bantu-tanam-terumbu-karang-di-banyuwangi--
Tokoh



Graph

Extracted

persons Khoirul Umam,
companies Google, Telegram,
nations Australia, Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Banyuwangi,
cases KKN,