Waspada, Gempa Bumi dan Tsunami di Pesisir Selatan Cianjur

  • 01 Agustus 2022 21:19:28
  • Views: 3

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di pesisir selatan Cianjur, Jawa Barat, akan ancaman gempa bumi hingga tsunami.

Untuk itu, BMKG meminta setiap pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya hal terburuk.

Baca Juga

Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 7,1

Apalagi, saat ini, lima alat pendeteksi Tsunami Early Warning Sistem (TEWS) di laut selatan Cianjur tidak berfungsi,

Alat pendeteksi tsunami yang terpasang di pesisir selatan Cianjur di antaranya Cidaun, Sindangbarang dan Agrabinta sudah lama tidak berfungsi namun sudah dilakukan pengecekan dari BNPB beberapa hari lalu, namun pihaknya belum bisa memastikan sudah terkoneksi atau belum, kata Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo di Cianjur, Senin (1/8).

Menurut Rudi, kerusakan alat pendeteksi tsunami diduga akibat cuaca dan lamanya terpasang di perairan sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kalau kerusakan nya sudah beberapa tahun yang lalu dan sudah dilaporkan, baru beberapa hari lalu diperiksa BNPB, kami masih menunggu hasilnya, ujarnya dikutip Antara

Baca Juga

Penyebab Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Bengkulu

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Cianjur, Fatah Rizal mengatakan, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan BNPB dan BMKG terkait ancaman gempa bumi dan tsunami di laut Selatan Jawa termasuk di pesisir Cianjur karena selama ini masuk dalam zona merah bencana.

Kami juga sudah menyiagakan 150 Relawan Tangguh Bencana (Retana) di tiga kecamatan untuk melakukan pengawasan dan segera melaporkan jika melihat tanda akan terjadinya bencana. Kami juga melakukan kesiapan seperti pemasangan dan penambahan rambu jalur evakuasi dan edukasi kebencanaan, katanya.

Sedangkan sejak beberapa hari terakhir, pihaknya sudah mendapat berbagai bantuan dari Pemprov Jabar termasuk rambu evakuasi dan bantuan logistik lainnya.

Kami juga mengimbau warga untuk jeli membaca tanda alam akan terjadinya bencana dan segera mengungsi, pungkasnya. (*)

Baca Juga

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bengkulu


https://merahputih.com/post/read/waspada-gempa-bumi-dan-tsunami-di-pesisir-selatan-cianjur

Sumber: https://merahputih.com/post/read/waspada-gempa-bumi-dan-tsunami-di-pesisir-selatan-cianjur
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG, BNPB, BPBD,
topics Gempa, Tsunami,
nations Filipina,
places BENGKULU, JAWA BARAT, SUMATERA BARAT,
cities Cianjur, Pesisir Selatan,
cases zona merah,