Sri Mulyani Masih Yakin Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Bisa di Atas 5%, Ini Alasannya

  • 01 Agustus 2022 21:02:38
  • Views: 1

Menkeu Sri Mulyani bersama Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, dan Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa memaparkan hasil rapat berkala KSSK di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meramal pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2022 akan berada di atas 5% secara year on year

Hal ini didorong oleh berbagai indikator yang masih memberikan dampak positif yang terus membaik, seperti konsumsi, investasi dan ekspor.

Kita memperkirakan kuartal II-2022 masih akan tumbuh di atas 5%, terutama kuartal I-2022 waktu itu 5,01%, jadi kita memperkirakan kuartal II-2022 juga bertahan di atas 5%, ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Senin (1/8).

Bendahara Negara tersebut optimis bahwa konsumsi rumah tangga yang selama ini berkontribusi terbesar dalam pertumbuhan ekonomi dan Produk Domestik Bruto akan terus menguat. Hal ini juga sejalan dengan pelonggaran aktivitas masyarakat setelah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Didorong Konsumsi, Bos BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Capai 5,05%

Sementara itu, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2022 juga meningkat pada level 128,2 dari posisi Maret yang hanya sebesar 111,0. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki optimisme terhadap prospek pemulihan ekonomi.

Hal positif yang kita catat yaitu konsumsi masih sangat kuat, semenjak puasa dan lebaran dan hingga sekarang itu dilihat dari confidence dari konsumen masih sangat tinggi dan tetap kuat, katanya.

Selain konsumsi, Sri Mulyani juga optimis investasi di dalam negeri akan terus tumbuh dan diperkirakan akan lebih tinggi pada kuartal I-2022. 

Sementara itu, indikator lain yang akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 adalah kinerja ekspor pada Juli 2022 yang mampu tumbuh hingga 40%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Dendi Siswanto
Editor: Tendi Mahadi


https://nasional.kontan.co.id/news/sri-mulyani-masih-yakin-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-ii-bisa-di-atas-5-ini-alasannya

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/sri-mulyani-masih-yakin-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-ii-bisa-di-atas-5-ini-alasannya
Tokoh









Graph