Beri Insentif GWM, Bank Indonesia Jamin Likuiditas Bank Melimpah

  • 01 Agustus 2022 20:58:51
  • Views: 1

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, pihak bank sentral telah melakukan melakukan normalisasi likuiditas bank, melalui kenaikan giro wajib minimum (GWM) rupiah secara bertahap.

Pemberian insentif GWM yang berlangsung tanpa mengganggu kondisi likuiditas dan intermediasi perbankan, ujar Perry dalam sesi konferensi pers hasil rapat KSSK, Senin (1/8/2022).

Perry menyampaikan, penyesuaian secara bertahap GWM rupiah dan pemberian insentif GWM sejak 1 Maret-15 Juli 2022 menyerap likuiditas perbankan sebesar Rp 219 triliun.

Dalam hal ini, ia menegaskan, penyerapan likuiditas tersebut tidak mengganggu kemampuan perbankan dalam penyaluran kredit pada dunia usaha, serta partisipasi dalam pembelian surat berharga negara (SBN) untuk pembiayaan APBN.

Karena sekarang likuiditas perbankan masih berlebih. Antara lain, ditunjukan dengan aset likuid per DPK yang masih tinggi, kata Perry.

Penyaluran kredit dan penyaluran perbankan kepada dunia usaha juga terus menunjukan pemulihan, dengan kecukupan likuditas dan terjaga, dia menambahkan.

Ke depan, Bank Indonesia disebutnya terus mewaspadai risiko kenaikan eskpektasi inflasi dan inflasi inti ke depan, di tengah ketidakpastian pasar keuangan global saat ini.

Dalam kaitan ini, sesuai dengan arah bauran kebijakan tersebut di bidang moneter, Bank Indonesia mempertahankan BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 3,5 persen, tutur Perrry.

Keputusan ini konsisten dengan perkiraan inflasi inti yang masih terjaga rendah di tengah risiko dampak perlambatan ekonomi global terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri, tandas Perry Warjiyo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Bank digital semakin marak digunakan masyarakat Indonesia. Bank digital juga dinilai bisa menjadi solusi tepat untuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Sayangnya, masih banyak dari masyarakat yang belum tahu persis apa itu bank digital, serta...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030759/beri-insentif-gwm-bank-indonesia-jamin-likuiditas-bank-melimpah

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030759/beri-insentif-gwm-bank-indonesia-jamin-likuiditas-bank-melimpah
Tokoh



Graph

Extracted

persons Perry Warjiyo,
companies WhatsApp,
ministries BI, KSSK,
organizations Persis,
topics APBN, bank digital,
products SBN,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, rupiah,