Kapolri Minta Dukungan Masyarakat Awasi Ungkap Kasus Tewasnya Brigadir J

  • 01 Agustus 2022 20:24:49
  • Views: 3

RILISID, Jakarta — Kasus baku tembak antaranggota Polri yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo, belum juga terungkap.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengawasi proses pengungkapan kasus tersebut.

Kami minta semuanya ikut mengawasi sehingga transparansi dan akuntabilitas dari hasil pemeriksaan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik, berjalan lancar, baik, dan memenuhi rasa keadilan yang ditunggu publik, katanya usai Rapat Koordinasi dan Pengawasan Kompolnas-Polri Tahun Anggaran 2022 di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

Hingga saat ini, lanjut Sigit, Tim Khusus (Timsus) Internal Polri yang dipimpin Wakapolri saat ini bekerja untuk mengungkap kebenaran kasus tewasnya Brigadir J.

Termasuk tim eksternal dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) turut mengawal proses pengungkapan kasus tersebut.

Rekan-rekan sudah mengikuti, saat ini Timsus Internal Polri, Kompolnas, dan Komnas HAM sedang bekerja, ujarnya.

Menurut Sigit, apa yang sudah dikerjakan tim disampaikan kepada masyarakat karena publik menaruh perhatian khusus terhadap kasus ini.

Belum lama ini, menurut dia, semua kegiatan yang dilakukan timsus telah di dipresentasikan Komnas HAM terkait apa yang telah didapatkan. Di antaranya pemeriksaan para ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada Richard Elizer (Bharada E) pada Selasa (26/7).

Demikian pula hari ini telah dilaksanakan autopsi ulang yang akan disampaikan kepada publik, kata Sigit.

Kapolri karenanya mengajak partisipasi masyarakat ikut mengawasi apa yang telah dilakukan jajarannya dan menunggu sampai hasil pengungkapan selesai.

Saya kira kita tunggu hasilnya dan mudah-mudahan semua berjalan dengan baik, kata Sigit.

Hari ini Timsus bersama Kedokteran Forensik, Pusat Laboratorium Forensik Polri, dan Perhimpunan Kedokteran Forensik melaksanakan autopsi ulang jenazah Brigadir Josua di Jambi.

Proses autopsi ulang diawali dengan ekshumasi atau penggalian makam, kemudian jenazah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Muaro Jambi.

Brigadir J tewas dalam baku tembak antaranggota di rumah Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7).

Sumber: Antara


https://rilis.id/Nasional/Berita/Kapolri-Minta-Dukungan-Masyarakat-Awasi-Ungkap-Kasus-Tewasnya-Brigadir-J-y3mbfRv

Sumber: https://rilis.id/Nasional/Berita/Kapolri-Minta-Dukungan-Masyarakat-Awasi-Ungkap-Kasus-Tewasnya-Brigadir-J-y3mbfRv
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ferdy Sambo, Listyo Sigit Prabowo, Prabowo, Richard,
ministries Kompolnas, Polisi,
ngos Komnas HAM,
topics autopsi,
places DKI Jakarta, JAMBI,
cities Duren Tiga,
cases HAM,