Kronologi Kemerdekaan Indonesia yang Berlangsung 77 Tahun Silam, Yuk Simak

  • 01 Agustus 2022 19:47:42
  • Views: 2

Suara.com - Dalam hitungan hari, kita akan merayakan kemerdekaan RI ke-77. Bagaimana kronologi kemerdekaan Indonesia? Apakah kalian semua sudah tahu? Yuk simak kembali perjuangan para pahlawan dalam mencari kemerdekaan berikut ini.

Perjuangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan sudah dimulai sejak pembentukan BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945. Hal ini ditentukan juga oleh pemboman Hiroshima dan Nagasaki oleh sekutu.

Pada akhirnya perjuangan rakyat Indonesia mencapai puncaknya pada 17 Agustus 1945 yang ditandai dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno.

Beberapa rangkaian penting tersebut kini dikenang dalam sejarah dan mudah dipahami jika dipelajari secara berurutan. Masih dari sumber yang sama, berikut kronologi kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 10 Ide Lomba 17 Agustus yang Seru, Heboh dan Unik!

Kronologi Kemerdekaan Indonesia

  • 1 Maret 1945 : Pembentukan BPUPKI
  • 6 Agustus 1945 : Hiroshima di bom atom oleh Sekutu
  • 7 Agustus 1945 : Pembentukan PPKI
  • 9 Agustus 1945 : Nagasaki di bom atom oleh Sekutu
  • 12 Agustus 1945 : Soekarno dan Hatta bertemu Marsekal Hisaichi Terauchi di Dalat
  • 15 Agustus 1945 : Tiba kembali di Indonesia,
  • 16 Agustus 1945 : Peristiwa Rengasdengklok,
  • 17 Agustus 1945 : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Menilik kronologi di atas, secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa perjuangan pahlawan kemerdekaan sangat panjang dan tak mudah.

Keadaan cukup menentukan ketika sekutu melakukan pemboman di kota Hiroshima dan Nagasaki, sehingga pejuang kemerdekaan tak mau kehilangan kesempatan besar untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Teks asli proklamasi Indonesia kini disimpan di  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Naskah tersebut ditulis tangan oleh Bung Karno dan berisi poin-poin penting tentang kemerdekaan indonesia.

Lokai ketika Bung Karno menulis dan membaca Teks Proklamasi tersebut, kini dikenal sebagai Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat. 

Baca Juga: Sejarah Proklamasi Kemerdekaan dan Naskah Teks yang Dibaca Soekarno

Sebagai ucapan terima kasih dan apresiasi pada jasa-jasa mereka yang sudah berjuang, kita sebagai penerus kemerdekaan patut membangun negeri dengan berbagai prestasi.

Tak perlu lagi bambu runcing untuk berjuang, cukup menjauhkan diri dari hal negatif seperi narkoba dan mengisi pribadi dengan berbagai hal positif, maka secara otomatis, kita sudah ikut membangun negeri ini ke arah yang lebih baik.

Demikian kronologi kemerdekaan Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga penjelasan ini bisa diterima dengan mudah dan memberi wawasan bagi pembaca.

Kontributor : Rima Suliastini


https://www.suara.com/news/2022/08/01/193415/kronologi-kemerdekaan-indonesia-yang-berlangsung-77-tahun-silam-yuk-simak

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/08/01/193415/kronologi-kemerdekaan-indonesia-yang-berlangsung-77-tahun-silam-yuk-simak
Tokoh



Graph

Extracted

persons Soekarno,
organizations BPUPKI, PPKI,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases Narkoba,