Modal Asing Keluar USD 2,05 Miliar, Sri Mulyani Ungkap Alasannya

  • 01 Agustus 2022 18:58:48
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan, aliran modal asing yang keluar dari pasar domestik hingga 28 Juli 2022 mencapai USD 2,05 miliar.

Sri Mulyani menilai, itu terjadi akibat kondisi tak menentu pasar keuangan dunia saat ini, yang dibayang-bayangi oleh laju inflasi tinggi hingga pengetatan kebijakan moneter yang dilakukan berbagai negara.

Memasuki triwulan ketiga, pada Juli hingga 28 Juli, investasi portfolio mencatat net outflow sebesar USD 2,05 miliar. Hal ini sejalan dengan ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi, paparnya dalam konferensi pers hasil rapat KSSK, Senin (1/8/2022).

Menurut dia, ketidakpastian di pasar keuangan global akibat tingginya inflasi di negara maju dan pengetatan dari kebijakan moneter telah mengakibatkan aliran ke luar modal asing, khususnya investasi portfolio.

Alhasil, itu turut berimbas terhadap penekanan nilai tukar mata uang berbagai negara berkembang terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Tekanan terhadap nilai tukar rupiah yang meningkat sebagaimana juga dialami oleh seluruh mata uang negara-negara dunia terhadap dolar Amerika Serikat, terjadi di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang memang masih tinggi, bebernya.

Secara perhitungan, Sri Mulyani menyampaikan, sampai dengan 28 Juli 2022, nilai tukar rupiah melemah 4,55 persen year to date.

Meskipun demikian, pelemahan tersebut lebih baik apabila dibandingkan dengan pelemahan atau Depresiasi berbagai mata uang di kawasan seperti Malaysia Ringgit yang mengalami perlemahan 6,46 persen. India mengalami perlemahan 6,80 persen, dan Thailand yang mengalami perlemahan hingga mencapai 9,24 persen, ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kondisi ini terjadi karena bayang-bayang gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia. Lalu ancaman tekanan inflasi yang saat ini tengah terjadi di beberapa negara. Kondisi ekonomi regional dan global hingga potensi krisis ekonomi dan krisis keuangan menja...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030734/modal-asing-keluar-usd-205-miliar-sri-mulyani-ungkap-alasannya

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030734/modal-asing-keluar-usd-205-miliar-sri-mulyani-ungkap-alasannya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies WhatsApp,
ministries Kemenkeu, KSSK,
products ringgit,
nations Amerika Serikat, India, Indonesia, Malaysia, Thailand,
places DKI Jakarta, rupiah,
cases covid-19,