Kondisi AS Jadi Ancaman Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Kok Bisa?

  • 01 Agustus 2022 18:59:00
  • Views: 1

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pelemahan ekonomi global khususnya negara-negara tujuan ekspor Indonesia, seperti Amerika Serikat, RRT, dan Eropa, bisa menyebabkan harga komoditas naik dan inflasi di tanah air.

Hal itu disampaikan Menkeu dalam acara seremoni Dies Natalis VII Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Jumat (29/7/2022).

Menkeu menjelaskan, naiknya inflasi secara global mendorong otoritas moneter di berbagai negara melakukan respon kebijakan mengetatkan likuiditas dan meningkatkan suku bunga. Namun, hal ini menyebabkan arus modal keluar.

Lantas apa hubungannya dengan Indonesia?

Menkeu mengatakan, jika kenaikan suku bunga dan likuiditas cukup kencang maka pelemahan ekonomi global pasti terjadi.

“Pagi ini membaca berita, Amerika negatif growth kuartal II teknik masuk resesi. RRT seminggu yang lalu keluar dengan growth kuartal II yang nyaris nol. Apa hubungannya dengan kita? Amerika, RRT, dan Eropa adalah negara-negara tujuan ekspor Indonesia, jelas Menkeu.

Jika mereka melemah, maka permintaan terhadap ekspor turun, harga komoditas juga turun. Meskipun kemarin di Kementerian Keuangan menyampaikan APBN hingga Juni surplus, tapi tidak jumawa, dimana situasi masih diselimuti dengan ketidakpastian dan dinamis.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030703/kondisi-as-jadi-ancaman-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-kok-bisa

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030703/kondisi-as-jadi-ancaman-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-kok-bisa
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kemenkeu, Kementerian Keuangan,
topics APBN, ekspor,
nations Amerika Serikat, Indonesia,