Pengusaha Sawit Desak Pemerintah Cabut DMO dan DPO: Itu Kebijakan Perkosaan

  • 01 Agustus 2022 18:59:52
  • Views: 1

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan berencana akan mencabut kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO).

Namun syaratanya, pengusaha industri minyak goreng harus berkomitmen mampu menyediakan minyak goreng bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

Asal pengusaha komit untuk memenuhi dalam negeri minyak curah itu minyak kemasan. Asal ada komitmen dan pasti tidak melanggar untuk kepentingan bersama saya pertimbangkan DMO-DPO dicabut, kalau tidak kan nanti susah lagi, kata Mendag Zulkifli saat pelepasan ekspor produk baja di Cikarang Barat, Bekasi, Selasa (26/7/2022).

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pengusaha industri sawit untuk membicarakan lebih lanjut terkait rencana pencabutan DMO dan DPO.

Saya usahakan untuk daring kita akan rapat diatur Sekjen, asal komitmennya kuat kesepakatan gentlemen agreement. Repot juga dagang minyak diatur, diamistrasikan, salah dihukum repot juga, ujarnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, Mendag Zulkifli Hasan meminta pelaku usaha minyak goreng untuk terlebih dahulu memenuhi komitmen yang diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Memang, Pak Menteri itu berangan-angan untuk mencabut DMO sawit. Tetapi ada komitmen dari pelaku usaha. Komitmennya itu lah yang ditunggu Pak Menteri, untuk memastikan apa yang diarahkan Presiden itu, pastikan pasokan di dalam negeri ada dulu, ujarnya.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030636/pengusaha-sawit-desak-pemerintah-cabut-dmo-dan-dpo-itu-kebijakan-perkosaan

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5030636/pengusaha-sawit-desak-pemerintah-cabut-dmo-dan-dpo-itu-kebijakan-perkosaan
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Oke Nurwan, Zulkifli Hasan,
companies ADA,
ministries Kemendag,
topics ekspor,
products minyak curah,
places JAWA BARAT,
cities Bekasi, Cikarang,