Pakai Kendaraan Listrik Lebih Menguntungkan Ketimbang Konvensional, Alva Siap Mendebut di GIIAS 2022

  • 01 Agustus 2022 18:10:46
  • Views: 8

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tren elektrifikasi di Indonesia kian tak terbendung. Minat masyarakat membeli dan menggunakan kendaraan listrik semakin hari semakin meningkat.

Hal ini ditopang oleh terus bertambahnya stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), baik yang disiapkan oleh agen pemegang merek (APM), PLN maupun perusahaan swasta lainnya. 

Aries Aditya Putra dari channel Electric Mobility (ELMO) mengatakan, kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan ketimbang jika menggunakan kendaraan dengan teknologi mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE).

Diantaranya, konsumsi energi yang lebih murah, pajak kendaraan, bebas emisi serta program ganjil genap dan juga perawatan pada kendaraan listrik yang lebih murah.

“Bisa dibayangkan pada mobil listrik yang harganya 800 jutaan, pajak tahunannya hanya sekitar 1,1 jutaan karena masih mendapatkan insentif dari pemerintah. Begitu juga dengan motor listrik, pajaknya hanya sekitar Rp50.000 dalam satu tahun, ujar Aries saat menjadi pembicara di acara diskusi GIIAS Talk mengangkat tema “New Era of Electric Vehicles Experience di Cibis Park, Jakarta, Sabtu, 30 Juli 2022.

Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara menilai Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap kendaraan listrik, baik kendaraan penumpang, komersial dan juga roda dua.

Baca juga: Siap Dibuka 11 Agustus, Pameran GIIAS 2022 Akan Bertabur Kendaraan Listrik

“Kita memiliki pemikiran serta kekhawatiran yang sama mengenai keberlanjutan perubahan tenaga, dalam hal ini bahan bakar. Maka dari itu kita mencari sumber tenaga baru yang bisa digunakan untuk kita semua. Dan yang tengah ramai dibicarakan adalah mengenai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), kata Kukuh Kumara.

Kukuh menegaskan, populasi pasar otomotif cukup tinggi, yang apabila menggunakan energi listrik, maka tentu akan banyak penghematan penggunaan energi fosil. GAIKINDO akan tetap berupaya untuk membantu pemerintah dalam hal peningkatan elektrifikasi pada kendaraan.

Baca juga: Blue Bird Akan Tambah 50 Unit Kendaraan Listrik di 2022

“Kendaraan listrik potensinya luar biasa, Indonesia punya sumber daya yang terus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber tenaga listrik, tuturnya.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/08/01/pakai-kendaraan-listrik-lebih-menguntungkan-ketimbang-konvensional-alva-siap-mendebut-di-giias-2022

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/08/01/pakai-kendaraan-listrik-lebih-menguntungkan-ketimbang-konvensional-alva-siap-mendebut-di-giias-2022
Tokoh



Graph

Extracted

persons Arifin,
companies Blue Bird, YouTube,
bumns PLN,
organizations Gaikindo,
topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
transportations mobil listrik,