Sempat Melewati Malaysia, Sampah Antariksa RRT Jatuh di Samudera Hindia

  • 01 Agustus 2022 13:12:13
  • Views: 2

Liputan6.com, Jakarta - Sampah antariksa CZ5B atau sisa roket Long March 5B milik Tiongkok jatuh tidak terkendali memasuki atmosfer Bumi, dan melintasi wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat.

Sampah antariksa CZ5B, roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa RRT (Republik Rakyat Tiongkok) diprakirakan jatuh malam ini, 30-31 Juli 2022, tulis pesan singkat Peneliti Senior BRIN, Thomas Djamaludin ke Humas BRIN, Sabtu (30/7).

Dengan ketinggian sekitar 120km, terpantau sampah antariksa RRT ini melintasi wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat, dan saat ini sudah jatuh di lautan.

“Alhamdulillah, bekas roket peluncuran RRT CZ5B berbobot sekitar 20 ton berukuran 30 meter telah terkonfirmasi atmospheric re-entry di Samudera Hindia tadi malam, 30 Juli 2022, pk 23.45 WIB, demikian informasi terbaru dari Thomas.

Dia juga mengatakan, sampah tersebut tidak berbahaya bagi biota laut di Samudera Hindia. Ia menerangkan, data orbit dari pemantauan space-track.org menunjukkan titik jatuh di barat daya Indonesia.

“Namun bisa jadi ada pecahannya tersebar sepanjang lintasan terakhir, orbitnya melintasi Sumatera bagian selatan.

Bila ada penduduk yang melihat objek langit jatuh sekitar pukul 23.45 WIB segera melaporkan ke Pusat Riset Antariksa BRIN melalui email prantariksa@brin.go.id, imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

DART merupakan misi NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa yang diskenariokan menabrak asteroid agar tidak menghantam Bumi. Roket SpaceX Falcon 9 ini akan berada di jalurnya untuk menabrak asteroid lebih dari 6 juta mil jauhnya.


https://www.liputan6.com/tekno/read/5028720/sempat-melewati-malaysia-sampah-antariksa-rrt-jatuh-di-samudera-hindia

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/5028720/sempat-melewati-malaysia-sampah-antariksa-rrt-jatuh-di-samudera-hindia
Tokoh





Graph

Extracted

persons Hindia, Thomas Djamaludin,
companies ADA, SpaceX, WhatsApp,
ministries BRIN, NASA,
nations Indonesia, Malaysia, Republik Rakyat Cina,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN BARAT,
cities Tiongkok,