Pelaku Game Lokal Komentari Terkait Kominfo Blokir Steam

  • 01 Agustus 2022 09:10:53
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah memblokir delapan layanan digital atau Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), sejak Sabtu 30 Juli 2022.

Dari delapan layanan digital tersebut, pemblokiran situs gaming terpopuler seperti Steam, Epic Games, hingga Origins (EA) menuai reaksi keras dari warganet.

Tak butuh waktu lama, keyword #BlokirKominfo, Steam, hingga Epic Games pun menjadi trending di Twitter hingga saat ini.

Kisruh Kominfo blokir Steam dan Epic Games di media sosial Twitter pun menuai berbagai reaksi dari para pelaku industri gaming di Indonesia.

Salah satunya adalah CEO dan Founder Toge Prodution, Kris Antoni. Saat dihubungi tim Tekno Lipuan6.com, dirinya mengaku saat ini sedang membantu Kominfo dan Valve bertemu.

Saya cuma bisa bilang saat ini Toge Productions telah melakukan mediasi dan mempertemukan Valve dan Kominfo lewat email, kata Kris.

Sayangnya, Kris tidak mengungkap lebih lanjut tentang bagaimana perkembangan dari pertemuan kedua pihak tersebut.

Proses selanjutnya ditunggu saja, semoga dalam waktu dekat bisa menemukan titik terang, ucap Kris.

Sebelumnya, Asosiasi Game Indonesia (AGI) pun mengimbau para pelaku industri game swasta di Indonesia sebagai PSE Lingkup Privat untuk segera mendaftarkan diri.

Kami mengimbau mereka untuk mendaftar melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik Berbasis Risiko/Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) pada laman oss.go.id, tulis AGI dalam situs web resminya, dikutip Sabtu (30/7/2022).

AGI menambahkan pemutusan akses tidak bersifat permanen, dan akan dapat digunakan kembali oleh masyarakat Indonesia seperti sedia kala setelah para PSE yang terpengaruh telah terdaftar.

Saat ini Kominfo aktif berkomunikasi dengan para PSE yang terpengaruh dan akan ditindaklanjuti setelah PSE melakukan pendaftaran, AGI menuturkan.

Meskipun sanksi saat ini baru dikenakan bagi sejumlah PSE terpopuler, kewajiban pendaftaran berlaku bagi semua PSE yang akan beroperasi di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo mewajibkan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) mendaftarkan operasional bisnisnya di Indonesia. Namun, aturan tersebut menuai desakan untuk dibatalkan karena dianggap mempersemp...


https://www.liputan6.com/tekno/read/5028598/pelaku-game-lokal-komentari-terkait-kominfo-blokir-steam

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/5028598/pelaku-game-lokal-komentari-terkait-kominfo-blokir-steam
Tokoh

Graph

Extracted

companies Twitter, Valve, WhatsApp,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,