PSI Soroti Angka Putus Sekolah di Jakarta

  • 01 Agustus 2022 05:18:28
  • Views: 3

MerahPutih.com - Data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada bulan Mei 2022, menempatkan DKI Jakarta sebagai daerah dengan angka putus sekolah tertinggi. Hal tersebut mendapat sorotan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Jika daerah dengan APBD tertinggi angka putus sekolahnya paling banyak, ini masalah serius. Harus ada langkah pembenahan strategis, kata Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo dalam keterangannya, Minggu (31/7).

Baca Juga:

DLH DKI Libatkan IPB Selidiki Kematian Ribuan Ikan Sapu-sapu di Kali Baru

Pria yang karib disapa Ara ini menuturkan hal utama yang harus dilakukan Pemprov DKI adalah membenahi pendataan anak putus sekolah beserta alasannya.

“Data persebaran dan alasan anak Jakarta putus sekolah harus dimutakhirkan dulu sehingga kita bisa tau apa saja masalahnya, ujarnya.

Ara mengungkapkan beberapa solusi untuk mengurangi angka putus sekolah. Di antaranya memaksimalkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta menambah kuota Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan subsidi biaya sekolah swasta.

Baca Juga:

Pimpinan DPD Golkar DKI Desak Pemecatan terhadap Haris Pertama

“Kuota dan jumlah PKBM untuk masyarakat mendapatkan pendidikan penyetaraan kejar paket dengan bebas biaya harus dioptimalkan. Pastikan kelurahan dengan jumlah putus sekolah tinggi ada gedung PKBM-nya, jelas dia.

“Sediakan kuota juga untuk anak-anak putus sekolah jika mau lanjut bisa dapat bantuan KJP atau subsidi lain. Sekelas Jakarta tidak boleh ada yang tidak sekolah karena alasan tidak mampu, tambahnya.

Lebih lanjut Ara mengatakan Pemprov DKI juga harus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan.

“Tidak semua putus sekolah karena faktor ekonomi. Ada juga karena pola pikir tidak memprioritaskan pendidikan. Ini juga patut kita perhatikan, tutup Ara. (Pon)

Baca Juga:

Angka Putus Sekolah di DKI Tertinggi di Indonesia


https://merahputih.com/post/read/psi-soroti-angka-putus-sekolah-di-jakarta

Sumber: https://merahputih.com/post/read/psi-soroti-angka-putus-sekolah-di-jakarta
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Haris Pertama,
companies ADA,
ministries DPD, DPRD, Fraksi PSI,
institutions IPB,
parties Golkar, PSI,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,