Sejumlah Game Online Asing Diblokir, Kemenkominfo Buka Komunikasi Terkait Pendaftaran PSE

  • 31 Juli 2022 21:15:02
  • Views: 3

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah berkomunikasi dengan tiga platform game online asing terkait pendaftaran sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia.

Kami selalu membuka peluang bagi siapa pun yang ingin menjadi bagian dari ekosistem digital Indonesia, baik (platform) asing maupun dalam negeri, ucap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Keminkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Minggu (31/7/2022).

Tiga platform yang sudah berkorespondensi dengan Kemenkominfo setelah layanannya diblokir per 29 Juli adalah Steam, Dota 2 dan Counter-Strike Global Offensive. 

Menurut Semuel, ketiga platform itu sudah mulai proses mendaftar sebagai PSE asing di Indonesia. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mereka bisa melengkapi dan masyarakat pengguna layanan ini bisa menggunakan kembali, kata Semuel.

Dua platform game online lainnya yang juga diblokir, Epic Games dan Origin, belum berkomunikasi dengan Kemenkominfo hingga hari ini. Platform Yahoo juga belum berkirim surat terkait pendaftaran sebagai PSE.

Kami masih membuka peluang supaya mereka bisa menjadi bagian dari ekosistem digital kita, jelas Semuel.

Untuk PayPal, Kemenkominfo untuk sementara waktu membuka blokir meski pun mereka belum mendaftar setelah melihat kondisi di lapangan banyak masyarakat yang tidak bisa mencairkan dana dari platform tersebut.

Pembukaan sementara ini berlangsung sampai 5 Agustus pukul 23.59 WIB, Kemenkominfo meminta masyarakat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk migrasi dana dari PayPal ke layanan keuangan lain.

Hingga hari ini Kemenkominfo masih memblokir enam layanan digital karena belum mendaftar sebagai PSE, yaitu Yahoo Search, Steam, Dota 2, Counter-Strike GO, Epic Games dan Origin. (*) 

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421060/sejumlah-game-online-asing-diblokir-kemenkominfo-buka-komunikasi-terkait-pendaftaran-pse

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421060/sejumlah-game-online-asing-diblokir-kemenkominfo-buka-komunikasi-terkait-pendaftaran-pse
Tokoh



Graph

Extracted

persons Semuel Abrijani Pangerapan,
companies Dana, Google, PayPal, Telegram,
ministries Kemenkominfo,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,