Kapal Pertama Ekspor Gandum Ukraina Berlayar Besok

  • 31 Juli 2022 20:58:34
  • Views: 2

Supianto | Minggu, 31/07/2022 19:04 WIB

Kapal

Seorang pekerja memuat truk dengan gandum di terminal selama panen jelai di wilayah Odesa, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, Ukraina 23 Juni 2022. Rueters/Igor Tkachenko

JAKARTA, Jurnas.com - Juru bicara Presiden Recep Tayyip ErdoganIbrahim Kalin mengatakan, kapal pertama ekspor gandum kemungkinan akan meninggalkan pelabuhan Ukraina pada Senin (1/8). 

Kalau besok semua (detail) sudah selesai, sepertinya kemungkinan besar kapal pertama akan berangkat besok. Kita lihat kapal-kapal keluar dari pelabuhan paling lambat keesokan harinya, kata Kalin.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan penyiar Kanal 7, Kalin mengatakan pusat koordinasi bersama di Istanbul mungkin akan menyelesaikan pekerjaan akhir pada rute ekspor segera.

Sebelumnya pada Jumat, 22 Juli 2022, Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan untuk membuka kembali ekspor gandum dan pupuk yang telah diblokir akibat perang.

 

Rusia dan Ukraina adalah pemasok gandum global utama. Konsensus yang ditengahi oleh Turki dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu dimaksudkan meredakan krisis pangan dan mengurangi harga gandum global yang telah meningkat sejak invasi Rusia.

Perjanjian tersebut bertujuan memastikan perjalanan yang aman untuk pengiriman gandum masuk dan keluar dari Chornomorsk, Odesa dan pelabuhan Pivdennyi. Moskow menyalahkan Ukraina karena menunda pengiriman dengan menambang perairan pelabuhan.

Sumber: Reuters

TAGS : Recep Tayyip Erdogan Ibrahim Kalin Kapal Ekspor Gandum Laut Hitama Ukraina

https://www.jurnas.com/artikel/121415/Kapal-Pertama-Ekspor-Gandum-Ukraina-Berlayar-Besok/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/121415/Kapal-Pertama-Ekspor-Gandum-Ukraina-Berlayar-Besok/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
parties PBB,
topics ekspor,
nations Rusia, Turki, Ukraina,
places DKI Jakarta,