Paypal dan Situs Game Diblokir, Komisi I DPR Ingatkan Kominfo Tak Pilih Kasih

  • 31 Juli 2022 16:46:29
  • Views: 10

JAKARTA - Buntut kebijakan pendaftaran bagi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah situs yakni PayPal, Yahoo Search Engine, Steam, DoTA2, Counter-Strike, EpicGames, Origin.com, dan Xandr.com.

Terkait hal ini, Anggota Komisi I DPR Muhammad Iqbal menilai, langkah Kominfo melakukan pemblokiran terhadap delapan platform digital sudah tepat, karena sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh Kominfo yaitu tanggal 29 Juli 2022 PSE tersebut belum melakukan pendaftaran ke Kominfo.

Padahal seperti di ketahui bahwa kewajiban pendaftaran platform digital ini sudah tertera di PP No. 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan Permen Kominfo No. 5 tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup Privat, kata Iqbal saat dihubungi, Minggu (31/7/2022).

Akan tetapi, Iqbal mengingatkan, kebijakan pemblokiran ini harus bersifat sementara. Artinya, jika PSE tersebut sudah mendaftarkan usahanya ke Kominfo dan telah memenuhi persyaratan yang ada, maka secepatnya pihak Kominfo membuka kembali pemblokiran. Dan kebijakan tersebut tidak boleh pilih kasih, dan berlaku bagi semua PSE.

Kemudian kebijakan pemblokiran ini berlaku bagi semua PSE baik perusahaan dalam negeri ataupun luar negeri yang belum melakukan pendaftaran ke Kominfo, tidak boleh ada pilih kasih di dalam penerapan kebijakan tersebut, tegasnya.

Terkait di bukanya sementara aplikasi Paypal oleh Kominfo untuk beberapa hari kedepan, politikus PPP ini menilai sebagai keputusan yang bijak. Hal ini menunujukkan bahwa pemerintah mendengarkan keluhan dari masyarakat yang uangnya masih tersimpan di aplikasi Paypal.

 BACA JUGA:BMKG: 18 Provinsi Masuk Kategori Waspada dan 3 Siaga Potensi Hujan Lebat

Serta memberi kesempatan bagi masyarakat untuk memindahkan uangnya ke aplikasi sistem pembayaran yang lain, sebelum aplikasi pay pal di tutup kembali jika masih belum mendaftar ke Kominfo, tandas Iqbal.


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/31/337/2639526/paypal-dan-situs-game-diblokir-komisi-i-dpr-ingatkan-kominfo-tak-pilih-kasih?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/31/337/2639526/paypal-dan-situs-game-diblokir-komisi-i-dpr-ingatkan-kominfo-tak-pilih-kasih?page=1
Tokoh





Graph