Kominfo Buka Sementara Akses PayPal Usai Diblokir

  • 31 Juli 2022 16:40:28
  • Views: 9

KBRN, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka sementara akses aplikasi PayPal,  Minggu (31/7/2022) pukul 08:00 WIB. Aplikasi tersebut dibuka usai dilakukan pemblokiran sejak, Sabtu (30/7/2022) pukul 00:00 WIB. 

Pemblokiran ini dilakukan, lantaran PayPal tak kunjung melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) ke Kominfo. Padahal sebelumnya sudah diberikan surat peringatan dan tenggat waktu pada 29 Juli 2022 lalu. 

Mendengarkan masukan dari masyarakat khususnya untuk aplikasi PayPal yang banyak digunakan oleh masyarakat. Kita memberikan satu kebijakan baru yang mana kami sudah membuka sementara per jam 8 pagi tadi, kata Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam Konferensi Pers secara daring, Minggu (31/7/2022). 

Proses pembukaannya sudah dilakukan mungkin sekarang pun sudah bisa diakses kembali, ujarnya.

Semmy mengatakan, pemerintah memberikan waktu lima hari kerja untuk pembukaan akses sementara ini. Terhitung mulai, Senin (1/8/2022), hingga Jumat (5/8/2022) ke depan.

Sehingga, masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut bisa memindahkan uang mereka ke aplikasi lain. 

Ini kami buka untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan migrasi supaya uangnya tidak hilang, ujarnya. 

Sebelumnya, Kementerian Kominfo memblokir tujuh layanan aplikasi, Sabtu (30/7/2022), lantaran mereka tidak mendaftar sebagai PSU yang beroperasi di Indonesia.

Ketujuh aplikasi tersebut adalah PayPal, Yahoo Search, game online Steam, Dota 2, Counter-Strike Global Offensive, Origin, dan Epic Games. 

Kominfo menyatakan, layanan PSE tersebut dapat kembali diakses jika mereka telah menyelesaikan proses pendaftaran atau normalisasi. 

Hingga, Minggu (31/7/2022), tercatat sudah ada 9.039 PSE mendaftar ke Kementerian Kominfo.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1560855/kominfo-buka-sementara-akses-paypal-usai-diblokir?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1560855/kominfo-buka-sementara-akses-paypal-usai-diblokir?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph

Extracted

persons Semuel Abrijani Pangerapan,
companies ADA, PayPal,
ministries Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),
topics PSU,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,