Pakai Cara Kampanye Digital, Parpol Bisa Hemat Anggaran Jelang Pemilu 2024

  • 31 Juli 2022 16:06:11
  • Views: 2

Pakai

Bendera Partai Politik. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA -  Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Aminah Swarnawati mengingatkan politikus dan partai politik untuk beradaptasi dengan cara kampanye digital ala gen Z serta kalangan milenial jelang Pemilu 2024.

Ini disampaikannya dalam webinar nasional yang digelar Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UMJ bertajuk 'Strategi Digitalisasi Pemasaran dan Kampanye Politik Pada Pemilu 2024' baru-baru ini.

Webinar yang digelar secara hybrid ini menghadirkan beberapa nasumber, antara lain Hendri Satrio (Pakar Komunikasi Politik/Founder Lembaga Survei KedaiKOPI), Mardani Ali Sera (Politikus PKS/Anggota DPR RI), Pilar Saga Ichsan (Politikus Muda Golkar/Wakil Wali Kota Tangerang Selatan), dan Trisno Muldani (Perwakilan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UMJ).

Sementara itu sebagai pengantar, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik UMJ  Evi Satispi, Aminah Swarnawati serta Peneliti BRIN dan juga pengajar Marketing Politik UMJ, Prof. Siti Zuhro.

“Karena mereka (milenial dan gen-z) merupakan digital native, sedangkan generasi sebelumnya merupakan digital immigrant sehingga kata kuncinya ialah adaptasi dan kolaborasi, tuturnya.

Aminah menambahkan media konvensional mungkin penting sebagai media pemasaran politik tetapi masyarakat selaku pengguna saat ini telah lebih banyak yang bergeser ke digital.

Oleh karena itu, pemasaran politik di media digital menjadi penting untuk didiskusikan.

Sementara itu, Dekan FISIP UMJ, Evi Statispi menyatakan fenomena serba elektronik seharusnya menjadi dasar untuk menggunakan instrument digital dalam pelaksanaan pemilu mendatang.

Parpol bisa mengurangi anggaran dengan melakukan kampanye digital lewat media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


https://www.jpnn.com/news/pakai-cara-kampanye-digital-parpol-bisa-hemat-anggaran-jelang-pemilu-2024

Sumber: https://www.jpnn.com/news/pakai-cara-kampanye-digital-parpol-bisa-hemat-anggaran-jelang-pemilu-2024
Tokoh









Graph

Extracted

persons Hendri Satrio, Mardani Ali Sera, Pilar Saga Ichsan, Siti Zuhro,
companies Google,
ministries BRIN, DPR RI,
organizations Muhammadiyah,
ngos KedaiKopi,
parties Golkar, PKS,
topics Pemilu 2024,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Tangerang,