Pertama di Maluku Utara, Wisata Malam Pulau Kahino Dibuka Langsung Diserbu Pengunjung

  • 31 Juli 2022 15:16:12
  • Views: 6

TIMESINDONESIA, TOBELOWisata malam perdana dibuka di lokasi Destinasi Wisata Pulau Kahino Tobelo oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Popilo, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) pada Sabtu malam, (30/7/2022). 

Wisata malam yang dibuka Pemerintah Desa itu, langsung diserbu pengunjung. Terutama dari wisatawan lokal asal Tobelo dan Galela Halmahera Utara.

Pembukaan wisata malam ini dilakukan setelah pekan silam Pemdes berinisiatif memasukkan jaringan listrik dari PLN ke Pulau Kahino.

Ternyata objek wisata Pulau Kahino yang berada tepat di depan Desa Popilo itu dapat memikat hati setiap wisatawan. Semenjak tujuh bulan lalu, saat objek wisata itu dibuka, langsung diserbu wisatawan lokal. Makllum, jarak tempuh ke Pulau tersebut terbilang sangat dekat, hanya 650 meter dari garis pantai Desa Popilo.

Kini, pulau kecil nan indah itu menjadi pilihan utama para wisatawan lokal Maluku Utara berwisata. Mereka selalu berkunjung baik di setiap hari libur nasional maupun libur pekan. Karena selain pulaunya terlihat masih alami, tiket masuk maupun transportasi sangat murah. Apalagi pulau ini menawarkan keindahan pasir putih yang bersih nan indah serta air laut yang jernih.

Semenjak Pulau Kahino dibuka sebagai tempat wisata baru di Tobelo Halmahera Utara sejak tujuh bulan lalu hingga saat ini, tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi hari libur pekan maupun nasional pasti dipadati wisatawan lokal, ungkap Oslan Hadi, warga Desa Popilo yang juga pemilik transportasi laut untuk melayani pengunjung, Sabtu (30/7/2022) malam.

Wisata-Malam-Pulau-Kahino-a.jpg

Bahkan saat libur lebaran baru baru ini, sambung Oslan, pengunjungnya sangat padat.

Untuk ke Pulau Kahino dapat menggunakan transportasi berupa perahu katinting yang telah disiapkan warga setempat. Padatnya pengunjung memicu pendapatan pemilik transportasi per hari mencapai Rp1,7 juta sampai Rp2 juta bagi perahu yang agak besar.

Saat lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha itu sangat ramai dan padat pengunjung yang datang ke Pulau Kahino. Bahkan pemilik transportasi yang melayani hampir kewalahan. Karena tiket transportasi sangat murah, yakni per orang pergi-pulang Rp10 ribu, sementara tiket masuk tempat wisata per orang hanya Rp5 ribu. Tapi pendapatan pemilik perahu per hari sampai Rp2 juta, ungkapnya.

Pelatih Tim Sepak Bola Angkasa Popilo FC ini mengatakan, saat ini Pemerintah Desa Popilo telah membuka wisata malam di Pulau Kahino, sehingga bagi wisatawan yang mengunjungi Halmahera Utara dapat berkesempatan mengunjungi di malam hari dijamin akan terkesima dan suasananya lebih asyik dibanding siang hari.

Malam ini perdana dibuka wisata malam di Pulau Kahino. Pengunjungnya mendekati ratusan orang yang datang, karena banyak belum mengetahui bahwa telah dibuka wisata malam di Pulau Kahino. Tapi cukup ramai malam ini. Saya yakin pada malam malam berikutnya akan lebih ramai karena dipadati pengunjung, paparnya.

Kenapa pada malam malam selanjutnya lebih ramai? Menurut lelaki yang akrab disapa Dona ini, wisata malam seperti di Pulau di Maluku Utara merupakan hal baru dan hanya ada di Pulau Kahino Tobelo Halmahera Utara. Selain itu, ada hiburan berupa karaoke yang disiapkan pemilik kedai.

Selain sejumlah menu berupa pisang goreng, jagung manis bakar, ikan fufu (ikan asap), dabu-dabu manta spesial, ikan bakar dan aneka menu lainnya serta aneka kopi dan kelapa muda yang disajikan pemilik kedai di Pulau Kahino, juga para pengunjung dapat bersantai ria dengan karaoke sambil menikmati lezatnya hidangan dari berbagai menu spesial, dengan harga sangat terjangkau, pungkasnya.

Sementara salah satu pemilik kedai yang menyajikan berbagai macam makanan, minuman serta karaoke yakni Kedai Hitam Putih, Idhal Hi Abang mengatakan, setiap libur pekan di hari Sabtu dan Minggu pengunjung di Pulau Kahino selalu padat. Di libur akhir pekan, rata-rata penghasilan per hari bisa mencapai Rp7 ratus ribu.

Dari sisi ekonomi dengan adanya wisata Pulau Kahino dibuka, pendapatan masyarkat setempat kian meningkat karena tumbuhnya penjual baru. Hal ini membuat masyarakat Desa Popilo dan sekitarnya sangat mensyukuri atas nikmat-Nya. Masyarakat selalu menjaga, merawat serta terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas di lokasi wisata demi kepuasan pengunjung. Bagi yang berkeinginan menikmati wisata malam di pulau, yuk datang ke Pulau Kahino di Tobelo Halmahera Utara, ajak Oslan Hadi. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421030/pertama-di-maluku-utara-wisata-malam-pulau-kahino-dibuka-langsung-diserbu-pengunjung

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421030/pertama-di-maluku-utara-wisata-malam-pulau-kahino-dibuka-langsung-diserbu-pengunjung
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google, Telegram,
bumns PLN,
topics Listrik,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
nations Indonesia,
places MALUKU, MALUKU UTARA,