CEK FAKTA: Ancaman Gempa Besar dan Tsunami Terjadi di Cilacap Jawa Tengah, Begini Penjelasan BMKG

  • 31 Juli 2022 13:21:29
  • Views: 4

PRFMNEWS – Fakta tentang potensi gempa bumi besar dan tsunami terjadi di Cilacap, Jawa Tengah diungkap Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Terkait ancaman gempa dan tsunami di Cilacap ini, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati membenarkan bahwa di sepanjang selatan Pulau Jawa berpotensi terjadi bencana alam tersebut.

Lantas, kapan ancaman gempa dan tsunami terjadi di Cilacap, serta apa yang menjadi penyebabnya?

Baca Juga: Ada Prediksi Gempa dan Tsunami di Zona Megathrust, Pemda Diminta Tingkatkan Kewaspadaan dan Mitigasi

Penyebab gempa besar memicu tsunami berpotensi terjadi di Cilacap yang masuk dalam daftar wilayah di sepanjang Pulau Jawa ini, kata Dwikorita, lantaran wilayah tersebut berhadapan langsung dengan dua lempeng bumi.

Cilacap yang berada di garis Pantai Selatan Jawa menghadap langsung zona tumbukan lempeng, antara lempeng Samudera Hindia dengan lempeng Eurasia, ungkap Dwikorita, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulisnya.

“Dari hasil pemodelan tsunami dengan skenario terburuk, dikhawatirkan berpotensi terjadi tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter di pantai Cilacap, sebagai akibat dari gempa bumi dengan kekuatan M = 8,7 pada zona megathrust dalam tumbukan lempeng tersebut, sambungnya.

Baca Juga: BMKG Minta Masyarakat Akhiri Kepanikan Terkait Potensi Gempa Megathrust di Selatan Jawa

Oleh karena itu, Dwikorita meminta pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan guna mengantisipasi skenario terburuk saat terjadi gempa berpotensi tsunami ini.

Ia menyebut, prakiraan skenario terburuk itu bukanlah ramalan, namun merupakan hasil kajian ahli dan pakar kegempaan.


https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-135149618/cek-fakta-ancaman-gempa-besar-dan-tsunami-terjadi-di-cilacap-jawa-tengah-begini-penjelasan-bmkg
 

Sumber: https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-135149618/cek-fakta-ancaman-gempa-besar-dan-tsunami-terjadi-di-cilacap-jawa-tengah-begini-penjelasan-bmkg
Tokoh





Graph

Extracted

persons Dwikorita Karnawati, Hindia,
companies ADA,
ministries BMKG,
topics Gempa, Tsunami,
places JAWA TENGAH,
cities Cilacap,