Citayam Fashion Week Pindah ke Sarinah, Erick Thohir: Saya Terbuka, Jangan Dipolitisasi

  • 31 Juli 2022 10:58:35
  • Views: 5

Hingar bingar dan hype dari Citayam Fashion Week tampaknya akan segera berakhir. Begitu lah prediksi Konsultan Pemasaran Yuswohady. Hal tersebut sudah mulai terlihat. Kegaduhan yang ditimbulkan pemuda dan pemudi dari pinggiran Jakarta di kawasan Sudirman Jakarta ini perlahan memudar.

Managing Partner Inventure ini menjelaskan fenomena ini menggunakan Gartner's Hype Cycle, dimana nama besar Citayam Fashion Week muncul karena adanya ide baru atau inovasi (innovation trigger). Itu kemudian turut menciptakan harapan berlebihan (inflated expectation) di masyarakat.

Namun harapan ini tak terwujud sehingga menimbulkan kekecewaan (trough of disillusionment) hingga akhirnya hype itu pudar dan akhirnya menguap, kata Yuswohady mengomentari soal Citayam Fashion Week di akun Instagram @yuswohady, dikutip Sabtu (30/7/2022).

Menggunakan model tersebut, penulis lebih dari 40 buku ini lantas memprediksi hype Citayam Fashion Week (CFW) tak akan bertahan lama karena adanya tiga indikator.

Pertama, tak lagi otentik. Yuswo menilai, otensitas CFW terletak pada kekuatan cerita tentang kebebasan mode jalanan (street fashion) yang digerakan oleh subkultur power dari anak-anak grassroot pinggiran kota Jakarta.

Terlebih setelah banyak golongan papan atas seperti Baim Wong dan kolega, yang berambisi mengakuisisi Citayam Fashion Week dengan mendaftarkannya ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Dengan adanya hype CFW, nilai-nilai otentisitas ini kian memudar dan melenceng. Apalagi setelah terjadi invasi kaum kaya yang mengkomodifikasi CFW. Pudarnya otentisitas ini membuat CFW tak lagi punya akar yang kuat. Rohnya hilang, keluhnya. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5028613/citayam-fashion-week-pindah-ke-sarinah-erick-thohir-saya-terbuka-jangan-dipolitisasi

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5028613/citayam-fashion-week-pindah-ke-sarinah-erick-thohir-saya-terbuka-jangan-dipolitisasi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Erick Thohir, Sudirman, Yuswohady,
companies Google, Instagram,
ministries Kemenkum HAM,
places DKI Jakarta,
cases HAM,