Tesla Dibalap, Mitsubishi dan Toyota Lebih Dulu Investasi Mobil Listrik di Indonesia

  • 31 Juli 2022 08:58:50
  • Views: 2

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa menteri melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada pekan ini. Dalam kunjungan tersebut pemerintah mendapat komitmen investasi dari beberapa perusahaan Jepang untuk mengembangkan mobil listrik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bercerita, saat bertemu dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Takao Kato, di Tokyo Jepang, pada Selasa lalu, Indonesia mendapat komitmen investasi.

“Sampai saat ini, MMC telah menginvestasikan Rp 11,3 triliun hingga akhir 2021 untuk seluruh pabrik MMC di Indonesia. Targetnya, MMC akan menginvestasikan sekitar Rp 10 triliun mulai 2022 hingga 2025, ujar Menko Airlangga dalam keterangan tertulis.

Indonesia merupakan pangsa pasar besar bagi Mitsubishi, bahkan dibandingkan dengan pasar Jepang sendiri, penjualan Mitsubishi di tanah air lebih besar.

Mitsubishi Motors Corporation pun akan mendiversifikasi produk mereka.

Setelah 2023, Mitsubishi Motors Corporation akan fokus memproduksi model mobil jenis xEV yang terdiri dari model Xpander dan Pajero Sport. Selain itu,Mitsubishi Motors Corporation juga akan memproduksi dua model kendaraan baru Electric Vehicle (EV) mulai 2024.

Tak Berbeda jauh, Toyota Motor Company berencana untuk menambah investasi untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Komitmen tersebut, disampaikan oleh Shigeru Hayakawa, Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation (TMC), saat bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, di Tokyo, Jepang.

“Saya meyakini bahwa permintaan kendaraan listrik, baik roda empat maupun roda dua di Indonesia maupun di kawasan ASEAN ke depan akan terus meningkat. Indonesia dapat dijadikan industrial base produksi Electric Vehicle (EV) untuk dipasarkan di kawasan ASEAN maupun di Indonesia sendiri, ujar Airlangga, dalam keterangan resmi, Rabu (27/7/2022).

Sebelumnya, Akio Toyoda, President TMC, pertama kali menjanjikan komitmen investasi di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan KTT Osaka pada 2019 lalu.

Dalam waktu 3 tahun setelahnya, investasi Toyota telah mencapai Rp14 triliun.

Kemudian, dalam pertemuan dengan Menko Airlangga, Shigeru Hayakawa menyatakan akan menambah investasi sebesar Rp27,1 triliun selama 5 tahun ke depan.

Kami berharap dengan penambahan jumlah investasi ini di Indonesia, Pemerintah Indonesia memahami keseriusan kami terhadap elektrifikasi kendaraan bermotor, ujar Hayakawa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Toyota tengah mempersiapkan era elektrifikasi industri otomotif Indonesia.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5028334/tesla-dibalap-mitsubishi-dan-toyota-lebih-dulu-investasi-mobil-listrik-di-indonesia

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5028334/tesla-dibalap-mitsubishi-dan-toyota-lebih-dulu-investasi-mobil-listrik-di-indonesia
Tokoh







Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto, Akio Toyoda, joko widodo,
companies Mitsubishi Corp, WhatsApp,
organizations ASEAN,
ngos IIMS,
topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta,
cities Osaka, Tokyo,
transportations mobil listrik,
brands Mitsubishi, Tesla, Toyota,