Stasiun BNI City Mulai Dioperasikan Sebagai Stasiun KRL

  • 31 Juli 2022 00:48:54
  • Views: 6

JAKARTA - Mulai pada hari Sabtu ini (30/7/2022), KAI Commuter Line menerapkan uji coba Stasiun BNI City sebagai stasiun transit KRL tujuan Manggarai, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, dan Kampung Bandan. Meski kini stasiun BNI City juga dimanfaatkan sebagai Stasiun KRL, stasiun tersebut tetap melayani perjalanan Kereta Api (KA) Bandara relasi Manggarai – Bandara Soekarno Hatta PP yang dikelola oleh KAI Bandara.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menjelaskan terhitung sejal tanggal 30 Juli, hari ini, Stasiun BNI City setiap harinya akan melayani perjalanan KRL Jabodetabek. Ia pun juga menjelaskan rute yang dihadirkan di Stasiun BNI City.

Stasiun BNI City akan melayani perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai, ujar Eva dalam keterangannya, Sabtu (30/7/2022).

Menurut Eva, Stasiun BNI City juga akan melayani sebanyak 199 perjalanan KRL dan 40 perjalanan KA Bandara.

Dengan lokasi diantara lintas Manggarai – Tanah Abang tepatnya di KM 2 +5, Stasiun BNI City termasuk Stasiun Besar tipe C dengan memiliki 2 jalur untuk pelayanan perjalanan KA, lanjut Eva.

Di sisi lain, Direktur KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan dengan uji coba pengoperasian Stasiun BNI City untuk pengguna KRL, diharapkan bisa menjadi pilihan alternatif bagi penumpang KRL

“Uji coba pengoperasian stasiun ini diharapkan untuk naik dan turun para penumpang selain di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet. Kami berharap uji coba ini dapat memberikan lagi kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi KRL, terang Roppiq.

Sementara itu Direktur Utama KAI Bandara, Anggoro Triwibowo mengungkapkan fungsi Stasiun BNI City yang mulai melayani untuk naik turun penumpang KRL pada tanggal 30 Juli 2022 besok, diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang KA Bandara yang akan melakukan perpindahan antar moda di Stasiun BNI City.

“Jika sebelumnya penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun BNI City harus berjalan 200-300M untuk melanjutkan menggunakan commuterline di Stasiun Sudirman, maka kini penumpang cukup tap out di Lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan Commuterline pada peron yang sama, tutur Anggoro.

Sebagai informasi, Stasiun BNI City terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte Trans Jakarta.

Meski Stasiun tersebut juga melayani penumpang KRL, pelayanan naik turun pengguna KRL di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tetap beroperasi normal. Stasiun BNI City diprediksi akan melayani rata-rata pengguna KRL pada hari kerja sebanyak 9.320 orang per hari dan 3.803 orang pengguna di akhir pekan.

KAI Commuter juga memprediksi volume pengguna yang akan beralih ke Stasiun BNI City dari Stasiun Sudirman sebanyak 40% dan 30% pengguna dari Stasiun Karet, ujar Eva.


https://megapolitan.okezone.com/read/2022/07/30/338/2639252/stasiun-bni-city-mulai-dioperasikan-sebagai-stasiun-krl?page=1

Sumber: https://megapolitan.okezone.com/read/2022/07/30/338/2639252/stasiun-bni-city-mulai-dioperasikan-sebagai-stasiun-krl?page=1
Tokoh









Graph