Moeldoko Dorong Kolaborasi Penelitian Sorgum di 12 Negara untuk Hadapi Krisis Pangan Global

  • 30 Juli 2022 15:48:40
  • Views: 4

Suara.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima kedatangan peneliti pangan dari 12 negara, Sabtu (30/7/2022). Dalam pertemuan itu, Moeldoko menekankan pentingnya penguatan penelitian di bidang pangan untuk menghadapi ancaman krisis pangan global.

Kedua belas peneliti pangan yang dimaksud berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, Bangladesh, Kamboja, Yordania, Mongolia, dan Pakistan. Kepada mereka, Moeldoko mengatakan bahwa saat ini pemerintah Indonesia sedang mengembangkan tanaman sorgum sebagai salah satu alternatif pangan.

Moeldoko mengungkapkan peneliti Indonesia mulai mengembangkan varietas sorgum unggulan, yakni yang lebih tahan lama dan memiliki produktivitas yang lebih tinggi.

Tantangan pangan tidak hanya dialami oleh Indonesia namun oleh seluruh negara. Untuk itu saya mendorong adanya kolaborasi peneliti pangan dari berbagai negara. Salah satu tanaman yang sangat berpotensi namun belum banyak dikembangkan, yakni Sorgum, kata Moeldoko.

Baca Juga: Baim Wong Bantu Korban Penipuan Giveaway, Ada Oknum Datang ke Rumah

Kepala
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima kedatangan peneliti pangan dari 12 negara di Gedung Bina Graha, Jakarta, Sabtu (30/7/2022). (KSP)

Moeldoko menyebut sorgum merupakan tanaman yang sangat bermanfaat, bahkan bisa dikatakan sebagai tanaman unggul. Sebabnya, sorgum memiliki banyak kelebihan baik dari segi gizi dan kesehatan.

Sangat baik untuk masyarakat yang ingin mengkonsumsi makanan yang tinggi protein sekaligus menghindari diabetes dan gluten, terangnya.

Pada kesempatan yang sama, peneliti pangan Indonesia, Soeronto Human mengakui, sorgum unggul dari kecocokan lahan di Indonesia. Sayangnya, tambah dia, sampai saat ini masyarakat Indonesia masih terbiasa mengonsumsi beras dan gandum.

Untuk itu, perlu ada perhatian bersar dari pemerintah dan masyarakat terkait pengembangan dan pemanfaatan sorgum sebagai salah satu alternatif pangan.

Dari segi penelitian, masih banyak yang bisa dipelajari peneliti Indonesia dari negara-negara lain, tutur Soeronto yang juga peneliti utama BRIN.

Baca Juga: Fitur Baru Spotify Friends Mix, Bantu Kamu Temukan Lebih Banyak Lagu Menarik dari Teman Terdekat

Sebagai informasi, sebelumnya peneliti pangan dari 12 negara mengikuti pelatihan dan penelitian bersama terkait tanaman sorgum, di Jonggol Jawa Barat, pada Rabu (27/7/2022).

Dalam pelatihan tersebut, para peneliti pangan saling berbagai pengetahuan dan pengalaman dalam pengembangan dan pengolahan tanaman sorgum menjadi sumber pangan, biomas, bioenergi, dan gula atau pemanis.


https://www.suara.com/news/2022/07/30/150419/moeldoko-dorong-kolaborasi-penelitian-sorgum-di-12-negara-untuk-hadapi-krisis-pangan-global

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/30/150419/moeldoko-dorong-kolaborasi-penelitian-sorgum-di-12-negara-untuk-hadapi-krisis-pangan-global
Tokoh





Graph

Extracted

persons Baim Wong, Moeldoko,
companies ADA, Spotify,
ministries BRIN,
topics diabetes,
products Beras, protein,
nations Bangladesh, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Pakistan, Thailand, Vietnam, Yordania,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,