Periksa Vera Kekasih Brigadir J, Komnas HAM Dalami Komunikasi Terkahir Keduanya Sesaat Sebelum Peristiwa Berdarah

  • 30 Juli 2022 14:48:11
  • Views: 13

Suara.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) ternyata sudah memeriksa Vera, kekasih dari Brigadir J yang meninggal diduga ditembak Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan Vera diperiksa terkait komunikasi terakhirnya dengan Brigadir J sesaat sebelum peristiwa berdarah terjadi. Hal itu didalami guna menyusun kontruksi waktu peristiwa yang menewaskan Brigadir J.

Pasti soal kerangka waktu. Karena kan pihak keluarga juga demikian, misalnya soal kapan menghubungi terakhir, kapan komunikasi terakhir, dan sebagainya, itu pasti. Itu soal kerangka waktu, kata Anam kepada wartawan Sabtu (30/7/2022).

Selain itu, bahasan pembicaraan antara Vera dengan Brigadir J beberapa waktu sebelum penembakan juga didalami Komnas HAM.

Baca Juga: Terungkap dari Rekaman CCTV, Komnas HAM Sebut Brigadir J hingga Putri Candrawathi PCR di Rumah Pribadi Ferdy Sambo

Pemeriksaan
Pemeriksaan kekasih dan kerabat almarhum Brigadir Yosua di Mapolda Jambi yang dilakukan tim Mabes Polri. ANTARA/Tuyani

Pasti juga soal konteksnya, apa yang dibicarakan, penting. Apa konteksnya juga penting, kata Anam.

Dari hasil pemeriksaan itu kata Anam, setidaknya Komnas HAM mendapat sejumlah informasi untuk menyusun kontruksi waktu beberapa saat Brigadir J dilaporkan meningal dunia.

Kalau teman-teman media berhubungan dengan Komnas HAM, kami punya kerangka waktu, atau constraint waktu sendiri. Itu kami memang berangkatnya dari berbagai keterangan dari pihak keluarga (termasuk Vera), ujar Anam.

Sementara itu dari sejumlah rangkaian pemeriksaan, Komnas HAM mendapati beberapa temuan baru.

Putri istri dari Ferdy Sambo, bersama dengan Bharada E dan Brigadir J ternyata menjalani tes PCR bersama di rumah pribadi Ferdy Sambo yang masih berada di Duren Tiga, Jakarta Timur. Tes PCR mereka lakukan beberapa waktu sebelum peristiwa penembakan itu terjadi.

Baca Juga: Pekan Depan, Komnas HAM Lanjutkan Gali Keterangan Dari Ajudan Ferdy Sambo Hingga Pengecekan Senjata

Terkait PCR, kapan dan di mana PCR itu dilakukan? Bahwa PCR bukan dilakukan bukan di rumah TKP, tapi di rumah Duren Tiga. Duren Tiga maksudnya adalah itu rumah pribadi, tkp adalah rumah dinas, ujar Anam.


https://www.suara.com/news/2022/07/30/140722/periksa-vera-kekasih-brigadir-j-komnas-ham-dalami-komunikasi-terkahir-keduanya-sesaat-sebelum-peristiwa-berdarah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/30/140722/periksa-vera-kekasih-brigadir-j-komnas-ham-dalami-komunikasi-terkahir-keduanya-sesaat-sebelum-peristiwa-berdarah
Tokoh







Graph

Extracted

persons Choirul Anam, Ferdy Sambo, Listyo Sigit Prabowo,
ministries Mabes Polri, Propam Polri,
ngos Komnas HAM,
products CCTV, PCR,
places DKI Jakarta, JAMBI,
cities Duren Tiga,
cases HAM, penembakan,