Potensi Tsunami Akibat Gempa Megathrust di Cilacap Diungkap BMKG

  • 30 Juli 2022 10:36:32
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT – Belum lama ini, masyarakat kembali dihebohkan dengan berita soal peluang terjadinya gempa 8,7 magnitudo yang akan terjadi di pantai selatan Jawa Tengah , khususnya di Cilacap.

Gempa sebesar 8,7 magnitudo yang diprediksi akan terjadi di Cilacap, Jawa Tengah itu juga diduga akan berpotensi menimbulkan tsunami.

Prediksi terjadinya peristiwa alam, gempa hingga tsunami di Cilacap ini diungkapkan langsung oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Baca Juga: Viral Video Janggal Bayangan Lesti Kejora Saat Tertidur di Lantai, Wajah Istri Rizky Billar Terlihat Berbeda?

Ia mengatakan bahwa wilayah Cilacap memiliki peluang yang besar akan terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Kita ini di wilayah Indonesia yang rawan gempa bumi, termasuk juga di Kabupaten Cilacap, katanya, dikutip dari Antara, Sabtu, 30 Juli 2022.

Dwikorita menjelaskan bahwa Cilacap berada di pantai selatan Jawa Tengah yang memiliki lokasi berhadapan langsung dengan zona tumbukan antar lempeng.

Baca Juga: Bisa Mendatangkan Rejeki yang Dahsyat, Berikut Doa Sholat Dhuha Lengkap dengan Latin dan Artinya

Diketahui, terdapat tumbukan lempeng Samudra Hindia dan lempeng Eurasia di perairan Cilacap. Tumbukan lempeng tersebut merupakan zona gempa megathrust yang memiliki kekuatan 8,7 magnitudo jika mengalami gempa.

Ini bukan prediksi, bukan ramalan, belum tentu terjadi. Itu bukan hanya analisis pakar gempa bumi dan tsunami dengan memperhitungkan kemungkinan terburuk, ujar Dwikorita.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015140907/potensi-tsunami-akibat-gempa-megathrust-di-cilacap-diungkap-bmkg

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015140907/potensi-tsunami-akibat-gempa-megathrust-di-cilacap-diungkap-bmkg
Tokoh









Graph

Extracted

persons Dwikorita Karnawati, Hindia, Lesti Kejora, Rizky Billar,
ministries BMKG,
religions Islam,
topics Gempa, Tsunami,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Cilacap,