Wapres: Indonesia-Abu Dhabi Miliki Persamaan Visi Perdamaian dan Toleransi Beragama

  • 30 Juli 2022 00:46:59
  • Views: 5

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan Indonesia dan Abu Dhabi memiliki kesamaan visi terhadap perdamaian dan juga toleransi di dalam keberagaman.

Hal ini diungkapkan Wapres setelah menerima kunjungan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Promosi Perdamaian Abu Dhabi Al-Mahfouz bin Bayyah di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).

Pada kesempatan itu, Wapres mengatakan, pemerintah Indonesia juga memiliki inisiatif serupa seperti Abu Dhabi yang akan menggelar Forum for Peace yakni dalam bentuk International Conference of Islamic Scholars (ICIS), guna menyebarkan Islam Indonesia yang moderat bersama-sama ulama dunia.

“Indonesia juga telah mendirikan Indonesian International Islamic University (IIIU), antara lain, juga dalam rangka mempromosikan Islam moderat, kata Wapres dalam keterangan resminya.

Selain itu, Wapres juga membagi pengalaman Indonesia dalam mewujudkan kehidupan yang rukun dan harmonis melalui empat bingkai.

Baca juga: Wapres Kawal Pembangunan Pabrik CPO Berbasis Koperasi, Harga TBS Bakal Naik

“Pertama bingkai politik, yaitu melalui penguatan wawasan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kesepakatan nasional (al-mitsaq al-wathani) yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar 1945, dan kemudian juga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), urai Wapres.

Bingkai kedua, sambungnya, adalah bingkai sosiokultural melalui pengembangan kearifan lokal yang mendukung budaya damai, toleransi, dan harmoni di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Anies Baswedan di Ancol

“Yang ketiga adalah bingkai yuridis, melalui penguatan regulasi kehidupan beragama, penegakan hukum, dan juga mediasi melalui Forum Kerukunan Umat Beragama, tambahnya.

Adapun bingkai keempat, Wapres merinci, berupa bingkai teologi kerukunan untuk saling menghargai di antara umat beragama dan bukan teologi konflik, yang dikembangkan melalui peningkatan pemahaman masyarakat akan Islam yang rahmatan lil ‘alamin sebagai berkah bagi seluruh bangsa.

“Di Indonesia, majelis-majelis ulama bersama pemerintah membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama guna menjaga kerukunan antarumat beragama dan mencegah terjadinya konflik, dan menyelesaikan perselisihan-perselisihan, ungkapnya.

Baca juga: Wapres Ungkap 99,5% Bencana di Indonesia Merupakan Hidrometeorologi


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/29/337/2638794/wapres-indonesia-abu-dhabi-miliki-persamaan-visi-perdamaian-dan-toleransi-beragama?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/29/337/2638794/wapres-indonesia-abu-dhabi-miliki-persamaan-visi-perdamaian-dan-toleransi-beragama?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Ma'ruf Amin,
ministries BIN, MA,
religions Islam,
topics NKRI,
products CPO, Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,