Sungai Ciliwung Disebut Sudah Membaik, Airnya Bisa untuk Bahan Baku Minum

  • 29 Juli 2022 23:46:22
  • Views: 5

JAKARTA - Kabar baik datang dari komunitas Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) yang menginformasikan bahwa kualitas atau mutu air Sungai Ciliwung kini berada pada level dua, yang bisa menjadi bahan baku air minum.

Dengan begitu, munculnya kembali biota/ flora dan fauna Ciliwung, yang dulu hanya ikan sapu-sapu sekarang sudah ada ikan baung, lobster biru dan lain-lain.

“Perusahaan Air Minum atau PAM Jaya juga membuka kembali instalasi 500 liter/ detik dengan 16 ribu sambungan untuk masyarakat, ungkap Ketua Umum GCB, Peni Susanti Moerpratomo dalam keterangan pers, Jumat (29/7/2022).

Peni juga menyebutkan hal itu terkait dilaksanakannya peringatakan Hari Ciliwung ke-11 yang jatuh pada 27 Juli 2022. Disebutkan, dengan program-program GBC yang sudah berjalan, banyak perubahan-perubahan yang terjadi di sungai Ciliwung. Selain mutu air yang semakin baik juga meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap ciliwung, dulu di 2009 hanya 2 Komunitas Ciliwung sekarang sudah ada kurang lebih 30 Komunitas Ciliwung.

Mengenai organisasi yang dipimpinnya, Peni menjelaskan, Gerakan Ciliwung Bersih telah bergerak 31 tahun yang lalu, GCB di inisiasi oleh Instansi Pemerintah yaitu Gubernur DKI Jakarta, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Pekerjaan Umum, BPLHD DKI Jakarta, Perguruan Tinggi, LSM, WALHI, DML.

“Kami merasa bahwa ini adalah anugerah sekaligus menambah motivasi bagi GCB yang merupakan gerakan bersama Multi Stakeholder, katanya

Sementara itu PAM Jaya terus mendukung serta bekerja sama dengan Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) dalam upaya-upaya pelestarian Sungai Ciliwung, satu di antaranya pembangunan Tempat Olah Sampah Sungai (TOSS).

“PAM JAYA sebagai mitra GCB dan Pemprov DKI Jakarta sebagai pembina akan terus mendukung segala aktivitas pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh GCB, kata Direktur Pelayanan PAM Jaya, Syahrul Hasan dalam keterangannya.

Peningkatan kualitas Sungai Ciliwung, kata Syahrul, merupakan kabar baik bagi warga Jakarta karena dapat dimanfaatkan sebagai sumber air baku.

“Kita akan memanfaatkan Sungai Ciliwung sebagai sumber air baku melalui proyek SPAM Ciliwung yang akan mulai di bangun tahun 2023. Nantinya, akan ada penambahan 200 liter per detik yang dapat melayani sekitar 15.000 sambungan rumah di wilayah Kelurahan Kalibata, Kelurahan Pengadegan, Kelurahan Rawajati, Kelurahan Duren Tiga dan Kelurahan Pancoran, tuturnya.

(kha)


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/29/337/2638887/sungai-ciliwung-disebut-sudah-membaik-airnya-bisa-untuk-bahan-baku-minum?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/29/337/2638887/sungai-ciliwung-disebut-sudah-membaik-airnya-bisa-untuk-bahan-baku-minum?page=1
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Pemprov DKI Jakarta,
ngos Walhi,
places DKI Jakarta,
cities Duren Tiga, Kalibata, Pancoran, Pengadegan, Rawajati,