Program Kampung Energi Pertamina Hulu Mahakam Raih Penghargaan

  • 29 Juli 2022 22:31:50
  • Views: 11

KBRN, Jakarta: Program Kampung Energi Wasteco PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) meraih penghargaan Best of The Best dalam E2S Proving League 2022 yang diumumkan Jumat (29/7/2022).

Wasteco atau Waste to Energy for Community, merupakan program pengelolaan sampah menjadi energi yang bermanfaat bagi masyarakat. Program yang dilatarbelakangi adanya masalah dari sisi lingkungan, yakni volume timbunan sampah di TPAS Manggar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, yang tidak terkelola dengan baik, namun menyimpan potensi gas metan. 

Kepala Humas PT PHM, Frans Alexander A Hukom mengatakan, pihaknya memiliki komitmen kuat dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Bahkan, program tahun ini telah dilakukan untuk bidang ekonomi dan infrastruktur, kesehatan dan nutrisi, serta lingkungan dan energi alternatif. 

Melalui Program Wasteco, PHM melakukan membentuk satu kelompok pengelola gas metan yang terdiri 26 orang, ujar Frans, Jumat (29/7/2022). 

Kelompok ini bertugas memanfaatkan gas metan dari jaringan pipa distribusi berkapasitas 583.200 m3 pertahun dengan panjang jaringan sepanjang 7.640 meter.

“Bekerja sama dengan mitra binaan kami, dilakukan inovasi penerapan teknis operasional migas secara sederhana pada 270 sambungan gas rumah, jelas dia. 

Saat ini TPAS Manggar sudah membuat replikasi di TPA Tanjung dan Bontang Lestari Kaltim, lalu Desa Taro Bali. TPAS Manggar kini menjadi sentra edukasi waste to energy.

Selain PHM, PT Pertamima Hulu Indonesia (PHI), Regional Kalimantan Subholding Upstream juga menyabet penghargaan Platinum dari Kategori Social Innovation Program yang diusung Tarakan Field melalui Program Peningkatan Kebutuhan Sosial dan Meningkatkan Kapasitas Kubedistik.

Dua penghargaan Gold juga diraih PHI melalui PEP Tanjung Field dan PEP Sangasanga untuk Kategori Sustainability Program dan Kategori Creating Shared Value (CSV) Program. Serta dua penghargaan Silver untuk Kategori Sosial Innovation Program dan Kategori Education and Livelihood Skills melalui PHKT Deaerah Operasi Bagian Selatan dan PHKT Daerah Operasi Bagian Utara.

Ketua Dewan Juri E2S Proving League 2022, Risna Resnawaty mengatakan, program-program CSR yang disertakan pada Proving League 2022 sangat istimewa dan memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat di sekitar lokasi operasional perusahaan.

Setiap program memiliki keunggulan, keunikan, dan kekhasan tersendiri yang didasarkan pada kebutuhan dan pemecahan masalah yang muncul dalam masyarakat, terangnya. 

Namun, ia mengingatkan faktor penting yang perlu diperhatikan adalah kemandirian masyarakat, terutama setelah program selesai dilakukan. 


https://rri.co.id/ekonomi/1559242/program-kampung-energi-pertamina-hulu-mahakam-raih-penghargaan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1559242/program-kampung-energi-pertamina-hulu-mahakam-raih-penghargaan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph