Pertemuan Jokowi-Xi Jinping Dinilai Langkah Strategis Pulihkan Ekonomi

  • 29 Juli 2022 21:52:45
  • Views: 3

Jumat, 29 Juli 2022 - 21:00 WIB

VIVA Nasional – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dinilai sebagai satu langkah strategis. Terutama dalam menjaga stabilitas nasional di tengah ancaman krisis global.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core), Piter Abdullah, memaparkan bahwa kondisi global saat ini sedang berada pada ancaman krisis. Khususnya pada sektor pangan dan energi dalam negeri.

Menurutnya komoditas energi dan pangan terbatas menyebabkan harga melonjak naik akibat ketegangan geopolitik. Beberapa negara memberlakukan larangan ekspor komoditas pangan dengan tujuan memenuhi kebutuhan domestik.  

“Di tengah kondisi seperti ini, khususnya dalam rangka menjamin ketersediaan pangan, menjaga momentum pemulihan ekonomi, pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping menurut saya sangat strategis, kata Piter Abdullah.

Presiden

Presiden RI, Joko Widodo bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping.

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Piter mengapresiasi gaya politik luar negeri yang dimainkan Presiden Jokowi dalam mengamankan kepentingan nasional.

“Saya melihat poin penting pertemuan Jokowi dan Xi Jinping adalah untuk menjaga pasokan pangan yang sangat dibutuhkan untuk memastikan kelangsungan ekonomi nasional. Menghindari krisis yang mengancam global, ungkapnya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1503569-pertemuan-jokowi-xi-jinping-dinilai-langkah-strategis-pulihkan-ekonomi

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1503569-pertemuan-jokowi-xi-jinping-dinilai-langkah-strategis-pulihkan-ekonomi
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Piter Abdullah, Xi Jinping,
ngos CORE,
topics ekspor,
nations Republik Rakyat Cina,
cities Tiongkok,