Xi Jinping Peringatkan Biden Agar Tidak Bermain dengan Api atas Taiwan

  • 29 Juli 2022 20:58:48
  • Views: 3

Supianto | Jum'at, 29/07/2022 20:15 WIB

Xi

Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Wakil Presiden AS saat itu Joe Biden di dalam Aula Besar Rakyat di Beijing pada 4 Desember 2013. (Foto: Reuters/Lintao Zhang/Pool)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden China, Xi Jinping telah memperingatka Joe Biden agar tidak “bermain dengan api atas Taiwan. Hal itu ia sampaikan dalam panggilan telepon kelima mereka sebagai pemimpin pada saat ketegangan ekonomi dan geopolitik yang memanas.

Media pemerintah China melaporkan bahwa Xi mengatakan kepada Biden bahwa Amerika Serikat (AS) harus mematuhi “prinsip satu-China dan menekankan bahwa China dengan tegas menentang kemerdekaan Taiwan dan campur tangan oleh kekuatan eksternal.

Mereka yang bermain api hanya akan terbakar, kata Xi kepada Biden. (Kami) berharap pihak AS dapat melihat ini dengan jelas.

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan, Biden mengatakan kepada Xi bahwa kebijakan AS tidak berubah dan Washington sangat menentang upaya sepiha mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Setelah panggilan itu, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan berterima kasih kepada Biden atas dukungannya dan akan terus memperdalam kemitraan keamanannya dengan AS.

Panggilan Biden-Xi, yang berlangsung lebih dari dua jam, datang ketika Biden mencoba menemukan cara baru bekerja dengan China di tengah meningkatnya persaingan global dan ketegangan antara kedua negara mengenai hak asasi manusia, kesehatan global dan kebijakan ekonomi, di antara isu-isu lainnya. 

Baru-baru ini, Beijing telah mengeluarkan peringatan yang meningkat atas kunjungan potensial ke Taiwan oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi, dengan mengatakan akan melihat perjalanan seperti itu sebagai provokasi.

Pulau yang berpemerintahan sendiri itu menerima dukungan pertahanan informal dari AS, tetapi Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuannya.

Jika AS bersikeras untuk menempuh jalannya sendiri dan menantang garis bawah China, itu pasti akan disambut dengan tanggapan yang kuat, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijiankepada wartawan awal pekan ini. Semua konsekuensi berikutnya akan ditanggung AS.

Pelosi akan menjadi pejabat terpilih AS berpangkat tertinggi yang melakukan perjalanan ke Taiwan sejak Newt Gingrich dari Partai Republik berkunjung pada 1997 ketika ia menjadi ketua DPR.

Biden pekan lalu mengatakan kepada wartawan bahwa pejabat militer AS percaya bahwa bukan ide yang baik bagi Pelosi untuk mengunjungi pulau itu sekarang.

Kimberly Halkett dari Al Jazeera, melaporkan dari Gedung Putih, mengatakan Biden mengadakan panggilan dengan Xi untuk meredam ketegangan diplomatik yang telah terjadi selama beberapa waktu, tetapi telah meningkat sebagai akibat dari kunjungan potensial ini oleh Pelosi.

Sumber: Aljazeera

TAGS : China Xi Jinping Taiwan Joe Biden

https://www.jurnas.com/artikel/121360/Xi-Jinping-Peringatkan-Biden-Agar-Tidak-Bermain-dengan-Api-atas-Taiwan/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/121360/Xi-Jinping-Peringatkan-Biden-Agar-Tidak-Bermain-dengan-Api-atas-Taiwan/
Tokoh







Graph

Extracted

persons Joe Biden, Nancy Pelosi, Xi Jinping,
companies Reuters,
ministries DPR RI, Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
organizations API,
fasums Gedung Putih,
nations Amerika Serikat, Republik Rakyat Cina, Taiwan,
places DKI Jakarta,
cities Beijing, Washington,