Cerita Anggota DPR yang Kerabatnya Pernah Jadi Korban Penyekapan di Kamboja

  • 29 Juli 2022 20:52:18
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengaku salah satu kerabatnya pernah menjadi korban penyekapan di Kamboja. Namun kini kerabatnya itu sudah dilepaskan.

Penyekapan itu mirip dengan kasus 53 Warga Negara Indonesia (WNI) yang disekap di Kambojo karena diduga menjadi korban penipuan investasi palsu.

Ada (kerabat jadi korban penyekapan), tapi dia sudah dilepas dari beberapa minggu lalu, ujar Dave kepada wartawan, Jumat (29/7/2022).

Dave mengatakan tak mengetahui secara pasti apakah kerabatnya ini termasuk dari 53 WNI yang disekap di Kambojo. Hanya saja, modus yang digunakan kurang lebih sama yaitu diimingi-imingi gaji besar.

Namun Dave tak mengetahui secara rinci mengenai perusahaan maupun sistem perekrutan yang akhirnya menyebabkan kerabatnya ini disekap.

Saya kurang paham. Saya rasa itu direkrutnya lewat online gitu, pendaftaran pekerjaan terus direkrut lalu terkena jerat tersebut, kata Dave.

Tapi ini kasusnya kurang lebih serupa lah ya. Mereka direkrut di Indonesia, diimingi-imingi gaji besar, terus ternyata di sana terlibat sindikat penipuan, paparnya.

Dave mengaku langsung menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat untuk menindaklanjuti kasus yang menimpa kerabatnya itu. Dia sendiri mengetahui kabar itu dari pihak keluarga.

Setelah itu, pihak KBRI langsung menghubungi pihak yang berwenang di Kamboja. Akhirnya, kerabatnya itu berhasil diselamatkan.

Saya kontak KBRI. KBRI ngontak pihak yang berwenang. Mereka juga sepertinya sudah berjalan cukup lama, langsung digerebek, akhirnya dia berhasil diselamatkan, kata Dave.

Dave mengaku, kasus penyekapan yang menimpa salah satu keluarganya sudah terjadi sekitar dua bulan lalu.

Kira-kira 1,5 bulan atau dua bulan yang lalu. Itu saya enggak hafal detailnya, karena saya cuma tahu pas terakhir, terus saya kontak, terus diselamatkan, ucap Dave Laksono.

Lantaran kerabatnya pernah menjadi korban, Dave pun menaruh perhatian besar atas adanya puluhan WNI yang disekap di Kamboja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kementerian Luar Negeri mengungkapkan bahwa 16 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat ditahan di Kamboja oleh seorang bos judi mengalami penyiksaan. Bahkan WNI tersebut menerima tindak kekerasan ala mafia.


https://www.liputan6.com/news/read/5027759/cerita-anggota-dpr-yang-kerabatnya-pernah-jadi-korban-penyekapan-di-kamboja

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5027759/cerita-anggota-dpr-yang-kerabatnya-pernah-jadi-korban-penyekapan-di-kamboja
Tokoh



Graph

Extracted

persons Dave Laksono,
companies ADA, WhatsApp,
ministries DPR RI, Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
parties Golkar,
topics BOS,
nations Indonesia, Kamboja,
places DKI Jakarta,