Mana Saja Lokasi Ziarah Makam Wali Songo yang Jadi Alasan Mardani Maming Mangkir dari KPK?

  • 29 Juli 2022 18:47:56
  • Views: 4

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja menetapkan tersangka tindak pidana korupsi, Mardani Maming, dalam kasus suap izin usaha pertambangan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada Kamis, 28 Juli 2022. Mardani Maming resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di KPK.

Sebelum ditetapkan menjadi tersangka, Mardani Maming sempat mangkir dan masuk ke daftar pencarian orang (DPO) yang ditetapkan lembaga antirasuah. Sebelum masuk mobil tahanan KPK, Mardani Maming membantah disebut tidak kooperatif oleh KPK.

Diketahui, Maming menjelaskan selama menunggu hasil sidang gugatan preperadilan yang diajukannya itu melakukan ziarah ke makam Wali Songo.

Beberapa hari saya tidak ada bukan saya hilang, tapi saya pergi ziarah, ziarah wali songo, ucap Maming di Lobi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Perbedaan Gratifikasi dan Suap, Kejahatan yang Sering Dilakukan Para Koruptor

Lantas, kemana sajakah ziarah makam wali songo yang dimaksud oleh Mardani Maming tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga merupakan tokoh yang sangat fenomenal karena berhasil menciptakan karakter-karakter baru pewayangan, seperti Semar, Bagong, Petruk, dan Gareng.

TIdak hanya  itu, Sunan Kalijaga juga menggubah tembang yang sarat akan muatan Islam seperti Kidung Rumeksa ing Wengi, dan Lir-ilir.

Makam Sunan Kalijaga berada di Desa Kadilangu, sekitar 3 km dari Masjid Agung Demak.

Baca Juga: Kronologi Penyerahan Diri Mardani Maming, Datang ke KPK Ditemani Pengacara

2. Sunan Ampel

Sunan Ampel diketahui memiliki sumbangsih besar dalam kemajuan Islam, hal tersebut bisa dilihat dari adanya Kesultanan Demak yang berdiri di Masjid Agung Demak dan ajaran Moh Limo.

Makam Sunan Ampel berada di Jalan Ampel Masjid No. 53, Kota Surabaya.

3. Sunan Drajat

Sunan Drajat dikenal dengan dakwah ajaran Pepali Pitu. Salah satu tembang terkenal karyanya yaitu tembang tengahan Macapat Pangkur.

Makam Sunan Drajat berada di Desa Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur.

4. Sunan Gresik

Makam Sunan Gresik terletak di Jalan Malik Ibrahim, Gresik. Makam tersebut hampir tidak pernah sepi peziarah. Kiprah Sunan Gresik dalam menyebarkan ajaran Islam terbilang cukup unik, hal tersebut dikarenakan ia menggunakan pendekatan budaya.

Sunan Gresik berdakwah dengan cara mengajarkan masyarakat untuk bercocok tanam dan bertani.

5. Sunan Kudus

Jejak Sunan Kudus bisa dilihat dari desain arsitektur Masjid Agung Kudus, Jawa Tengah yang mirip dengan candi. Saat ini, peninggalannya tersebut kerap kali didatangi para peziarah untuk berdoa di masjid tersebut.

Makam Sunan Kudus sendiri terletak di belakang Masjid Agung Kudus.

6. Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan salah satu Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam dengan alat musik, yaitu gamelan. Sunan Bonang juga mahir memainkan wayang, serta menguasai seni dan sastra jawa. 

Makam Sunan Bonang berada di Makam Wali Songo yang ada di Desa Kutorejo, Tuban, Jawa Timur.

7. Sunan Muria

Makam Sunan Muria terletak di lereng Gunung Muria, Kecamatan Colo.

Sunan Muria juga merangkul tradisi dan budaya setempat dalam berdakwah menyebarkan ajaran Islam. Ia melahirkan karya berupa tembang yang diberi judul Sinom dan Kinanthi.

8. Sunan Giri

Sunan Giri berdakwah melalui seni dan budaya. Beliau menciptakan beragam tembang antara lain Padang Bulan, Jor, Gula Ganti, dan Cublak-cublak Suweng.

Makam Wali Songo Sunan Giri berada di Jalan Sunan Giri, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

9. Sunan Gunung Jati

Berbeda dengan Wali Songo yang lain, Sunan Gunung Jati menyebarkan ajaran Islam melalui jalur politik. Sunan Gunung Jati banyak menjalin kerjasama untuk mengokohkan dakwah Islam.

Sunan Gunung Jati dimakamkan di Desa Astana, Cirebon Utara.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa


https://www.suara.com/news/2022/07/29/182027/mana-saja-lokasi-ziarah-makam-wali-songo-yang-jadi-alasan-mardani-maming-mangkir-dari-kpk

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/29/182027/mana-saja-lokasi-ziarah-makam-wali-songo-yang-jadi-alasan-mardani-maming-mangkir-dari-kpk
Tokoh

Graph