Pembukaan Kampanye Gernas BBI 2022 Berlangsung di Mamuju

  • 29 Juli 2022 18:32:05
  • Views: 4

KBRN, Mamuju: Soft Launching atau pembukaan kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2022 resmi berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat (29/7/2022).

Gernas BBI 2022 di Mamuju, bakal melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang telah memiliki platform e-commerce.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Dr.Ir.Kiki Yuliati,MSc mengatakan, Pemerintah berkomitmen terus mendukung produk-produk dalam negeri sekaligus mendorong agar masyarakat bangga buatan Indonesia.

Kami berharap semangat Sulbar dengan peluncuran maskot dan logo bangga buatan Indonesia, ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa rangkai acara dalam kegiatan tersebut dengan menghadirkan pelaku-pelaku usaha dalam negeri.

'Kita harap cinta produk Indonesia sudah ditanam sejak dini, ungkapnya. 

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik mengatakan, suatu kebanggaan bagi Sulbar bahwa kampanye Gernas BBI dilaksanakan di Sulbar. Apalagi dengan melibatkan pelaku-pelaku UMKM di Sulbar.

Ini menjadi angin segar bagi keberlangsungan pelaku ekonomi kreatif di Sulbar. Produk Sulbar tidak kalah dengan produk luar negeri, jelasnya. 

Bangga dengan produk sendiri, mesti ditanamkan dalam diri sehingga mampu menghadirkan produk-produk yang lebih berkualitas.

Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Sulbar, Hermanto mengatakan, Gernas BBI merupakan program nasional yang sudah dilakukan sejak Mei 2020. Pelaksanaan di setiap provinsi sudah dijadwalkan setiap bulan. Sulbar mendapat giliran di Oktober, nanti. 

Pelaksanaan Gernas BBI 2022 di Sulbar tentu juga melibatkan banyak pihak. Menurutnya, kolaborasi adalah kunci untuk menyukseskan dan mendukung program nasional itu.

Tujuannya meningkatkan kebanggan kita terhadap produk dalam negeri sesuai arahannya pak presiden. Sehingga dalam pengadaan barang-barang pun menggunakan produk dalam negeri, ujar Hermanto.

Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Farid Wajdi menyebutkan, soft launching Gernas BBI 2022 di Mamuju dihadiri oleh pihak kementerian terkait. Kegiatan tersebut juga bersamaan dengan event Gema Marasa yang dipusatkan di Anjungan Manakarra.

Transaksi hasil produk UMKM yang akan dijual di kegiatan tersebut menggunakan transaksi digital, yakni QRIS, jelasnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut memiliki efek domino terhadap peningkatan ekonomi di Sulbar dan menjadi titik awal kebangkitan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19.


https://rri.co.id/ekonomi/1558658/pembukaan-kampanye-gernas-bbi-2022-berlangsung-di-mamuju?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1558658/pembukaan-kampanye-gernas-bbi-2022-berlangsung-di-mamuju?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh









Graph

Extracted

persons Akmal, Akmal Malik, Farid Wajdi, Hermanto,
companies ADA,
ministries BI,
topics e-commerce,
products UMKM,
nations Indonesia,
places SULAWESI BARAT,
cities Mamuju,
cases covid-19,