Dear Gamers, Siap-siap Steam dan Dota Terancam Diblokir

  • 29 Juli 2022 17:36:02
  • Views: 3

Merdeka.com - Pemerintah akhirnya akan segera menindaklanjuti platform digital yang belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Kali ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memulai untuk 100 layanan digital yang memiliki trafik tinggi. Terakhir, Kominfo sudah menyurati 12 PSE yang belum mendaftar.

Dari 12 PSE yang sudah kami surati, dua di antaranya sudah mendaftar, kata Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kominfo, Semuel A. Pangerapan saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (29/7).

taboola

Dilanjutkan pria yang akrab disapa Semmy ini, dua platform digital itu adalah Linkedin dan Alibaba. Sementara, 10 aplikasi yang belum mendaftar yakni; Amazon (e-commerce), PayPal, Yahoo (search engine), Bing, Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike Go, Battle.net, dan Origin (Electronic Art).

Kami tunggu sampai nanti jam 23.59 WIB, jelas Semmy.

Semmy pun meminta maaf kepada masyarakat jika ada yang menggunakan 10 platform tersebut sampai batas waktu yang ditentukan belum mendaftar, maka akan diblokir. Pemblokiran ini, jelas Semmy, hanya sementara.

Kami tetap menunggu mereka mendaftar dan mengajukan normalisasi, terangnya.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo menuntut seluruh platform digital baik lokal maupun global harus terdaftar. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permen Kominfo) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020) tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Maka itu, Kominfo meminta seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat baik lokal maupun global melakukan pendaftaran paling lambat 20 Juli. Jika tidak, maka sehari setelah akan dilakukan sanksi. Sanksi ini akan dilakukan secara bertahap sebanyak tiga kali. Sanksi pertama adalah teguran, kedua adalah sanksi denda administrasi, dan terakhir pemblokiran.

[faz]

https://www.merdeka.com/teknologi/dear-gamers-siap-siap-steam-dan-dota-terancam-diblokir.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/dear-gamers-siap-siap-steam-dan-dota-terancam-diblokir.html
Tokoh

Graph