Indonesia Mimpi Masuk 5 Manufaktur Tekstil Terbesar Dunia pada 2030

  • 29 Juli 2022 16:58:49
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional dapat memenuhi sebagian besar permintaan domestik, mencapai peningkatan ekspor sebesar 15 persen per tahun pada 2025.

Kemudian menjadi Top 5 manufaktur tekstil di dunia pada tahun 2030 dengan spesialisasi di functional clothing.

Hingga kini, TPT disebut terus memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia, seiring pemulihan dari pandemi Covid-19

Sebagai jaring pengaman sosial dan penghasil devisa, industri TPT mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 3,65 juta orang atau mencapai 18,79 persen dari total pekerja disektor industri manufaktur.

Sementara itu, sebagai penghasil devisa, nilai ekspor industri TPT menembus USD 13,02 miliar pada tahun 2021, kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya secara virtual pada3rd Indonesia Textile Conference di Bandung, Kamis (28/7/2022).

Menperin juga mengemukakan, industri TPT memiliki peranan strategis dalam proses industrialisasi.

Ini karena input dan output industri TPT mempunyai keterkaitan kuat dengan industri lain maupun sektor ekonomi lain, mulai dari bahan baku berupa serat sampai dengan barang konsumsi berupa pakaian jadi dan barang jadi, bebernya.

Dengan besarnya peran dan kontribusi tersebut, pemerintah memacu utilitas industri tekstil agar kembali ke tingkat utilisasi sebelum pandemi, yaitu antara 60-80 persen sehingga dapat menopang ekspor nasional.

Secara bertahap sektor ini sudah mulai pulih. Saat ini utilisasinya di angka 70 persen, beber Agus.

Dibanding tahun lalu, nilai ekspor TPT naik secara signifikan sebesar 28 persen. Kenaikan ini didorong oleh pakaian jadi dan benang.

Investasi industri juga mengalami kenaikan sebesar 6,4 persen sampai triwulan I tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya imbuhnya.

Sebagai salah satu sektor pioritas, industri TPT merupakan bagian tak terpisahkan dari program Making mIndonesia 4.0.

Agenda Making Indonesia 4.0 pada industri tekstil di Indonesia diarahkan untuk menjadikan industri tekstil nasional sebagai pemimpin dalam produksi pakaian fungsional.

Kondisi ini terjadi karena bayang-bayang gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia. Lalu ancaman tekanan inflasi yang saat ini tengah terjadi di beberapa negara. Kondisi ekonomi regional dan global hingga potensi krisis ekonomi dan krisis keuangan menja...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5027167/indonesia-mimpi-masuk-5-manufaktur-tekstil-terbesar-dunia-pada-2030

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5027167/indonesia-mimpi-masuk-5-manufaktur-tekstil-terbesar-dunia-pada-2030
Tokoh



Graph

Extracted

persons Agus Gumiwang Kartasasmita,
topics ekspor, Jaring Pengaman Sosial,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung,
cases covid-19,