Wapres Ajak Umat Islam Bersatu Padu Berpartisipasi Mengatasi Perubahan Iklim

  • 29 Juli 2022 15:47:46
  • Views: 2

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengajak umat Islam agar bersatu padu untuk berpartisipasi mengatasi perubahan iklim. Mengingat, perubahan iklim menjadi isu krusial baik tingkat lokal, nasional, maupun global.

“Umat Islam harus bersatu padu untuk berpartisipasi dalam upaya mengatasi perubahan iklim agar hasilnya menjadi lebih efektif, kata Wapres saat memberikan arahan pada Kongres Umat Islam Untuk Indonesia Lestari secara virtual langsung dari Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

 BACA JUGA:BMKG: Siklon Tropis Songda Sebabkan Tinggi Gelombang Laut Naik di Indonesia

Wapres menegaskan semua pihak dituntut berpartisipasi dalam upaya mengatasi dampak yang ditimbulkan perubahan oleh iklim. Apalagi, fenomena perubahan iklim seperti terjadinya pemanasan global tidak terlepas dari ulah dan dari manusia itu sendiri yang lalai dalam berinteraksi dengan alam, lingkungan sekitar.

“Kerusakan lingkungan hampir terjadi di mana-mana dan tampaknya dirasakan mulai dari tingkat lokal bahkan dengan tingkat global, kata Wapres.

 BACA JUGA:Emiten Air Minum CLEO Kantongi Laba Bersih Rp102,88 Miliar di Semester I-2022

Selain itu, kata Wapres, kerusakan lingkungan yang mengakibatkan perubahan iklim juga telah menjadi penyebab semakin bertambahnya kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

“Data BNPB tahun 2021 menunjukkan bahwa 99,5% kejadian bencana di Indonesia merupakan kejadian bencana hidrometeorologi, katanya.

Sehingga, Wapres menegaskan dalam mengatasi persoalan perubahan iklim ini pemerintah tidak bisa bekerja sendirian.

 BACA JUGA:Akad dan Resepsi Pernikahan Putri Anies Baswedan di Ancol Terapkan Prokes

“Diperlukan ketelitian dan pemangku kepentingan yang lebih luas meliputi akademisi, dunia usaha, media massa, serta masyarakat khususnya umat Islam untuk bekerja secara kolaboratif, sehingga fenomena perubahan iklim ini dapat diantisipasi dengan baik, tegasnya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/29/337/2638542/wapres-ajak-umat-islam-bersatu-padu-berpartisipasi-mengatasi-perubahan-iklim?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/29/337/2638542/wapres-ajak-umat-islam-bersatu-padu-berpartisipasi-mengatasi-perubahan-iklim?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
ministries BMKG, BNPB,
religions Islam,
topics Banjir, longsor,
fasums Masjid Istiqlal,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,