Bukan Pejabat, Anies Baswedan Pilih Perwakilan Keluarga Jadi Saksi Nikah Sang Putri

  • 29 Juli 2022 14:47:07
  • Views: 5

Suara.com - Acara akad nikah Mutiara Annisa Baswedan bersama Ali Saleh Alhuraebi dilangsungkan tanpa saksi dari kalangan pejabat. Hanya keluarga terdekat saja yang menjadi saksi saat ijab kabul yang berlangsung di Candi Bentar, Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (29/7/2022).

Hal ini disampaikan dalam keterangan resmi pihak keluarga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dikatakan dua saksi pernikahan merupakan orang terdekat keluarga, yakni paman dari mempelai pria dan kakek dari mempelai wanita.

Saat akan dimulai akad nikah, tampak mempelai pria mengenakan jas warna putih yang didampingi oleh ayahnya dan Anies Rasyid Baswedan.

Sementara itu, mempelai wanita mengenakan kebaya berwarna putih dan kain batik, berada di ruangan lain ditemani oleh ibundanya, Fery Farhati dan ibunda Ali Alhuraebi.

Baca Juga: Ketahui Apa Fungsi Ginjal dan Bagaimana Cara Menjaganya

Mutiara
Mutiara Annisa Baswedan Menikah Kenakan Busana Adat Jawa (Ist)

Sebelum memulai ijab kabul, ada pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustaz Fauzy Ridwan, juara 1 MTQ nasional dan internasional.

Disampaikann juga khotbah nikah yang dibawakan oleh Ustaz Nasir Mansur, seorang ulama asal Jakarta dan lulusan Al Maliki Makkah. Isi khotbah nikah yang dibawakan Ustaz Nasir sama dengan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW saat menikahkan puterinya, Fatimah Az-Zahra.

Setelah khotbah nikah, dilanjutkan prosesi ijab kabul. Sebagai wali nikah, Anies Baswedan langsung mengucapkan ijab yang diikuti dengan kabul oleh mempelai pria. Hadir juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pademangan, Saepulloh untuk melakukan pencatatan administrasi pernikahan.

Setelah akad nikah, dilanjutkan doa nikah oleh pengasuh Pondok Pesantren Daarul Rahman dan seorang ulama senior di Jakarta, Syukron Ma'mun. Lalu, disampaikan juga nasihat pernikahan oleh Ustaz Salim A Fillah yang juga sebagai penulis best seller berbagai buku pernikahan.

Setelah prosesi akad nikah selesai dan resmi menjadi pasangan suami istri, mempelai pria ditemani oleh ayahnya dan Anies Baswedan menuju hall utama Candi Bentar untuk acara temu dan tukar cincin dengan mempelai wanita, Mutiara Annisa Baswedan.

Baca Juga: Siap-Siap Punya Tim Satelit Baru, Begini Harapan dari Bos Aprilia Romano Albesiano

Adik kandung Anies, Abdillah Rasyid Baswedan, menyampaikan Anies Baswedan baru saja menikahkan secara langsung putrinya.

Sebagai perwakilan dari kedua keluarga besar, saya membagikan kabar yang membahagiakan bagi keluarga kami, yaitu pernikahan anak kami: Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraebi. Alhamdulillah, Bapak Anies Baswedan telah menikahkan puteri sulungnya, ujar Abdillah dalam keterangan tertulis.

Abdillah menyampaikan, pernikahan merupakan satu titik penting bagi orang tua dalam mengantarkan putera-puterinya hingga ke jenjang pelaminan.

Bagi orang tua, menikahkan anak merupakan tugas suci, tuturnya.

Selanjutnya saat resepsi, Mutiara mengenakan kebaya kutu baru berbahan velvet warna pink dan kain batik Yogya motif sido asih dan latar cemeng. Sedangkan Ali mengenakan surjan dan kain batik Yogyakarta dengan motif sido asih dan latar cemeng.


https://www.suara.com/news/2022/07/29/144631/bukan-pejabat-anies-baswedan-pilih-perwakilan-keluarga-jadi-saksi-nikah-sang-putri

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/29/144631/bukan-pejabat-anies-baswedan-pilih-perwakilan-keluarga-jadi-saksi-nikah-sang-putri
Tokoh









Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Mansur, Muhammad, Pink,
companies ADA,
ministries Kantor Urusan Agama (KUA), MA,
topics BOS,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Ancol, Pademangan, Yogyakarta,