Mendag Zulhas Pastikan Ekspor CPO ke China Tak Ganggu Minyak Goreng dalam Negeri

  • 29 Juli 2022 14:37:02
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan bahwa ekspor CPO (Crude Palm Oil) Indonesia ke China tidak akan mengganggu stok bahan baku minyak goreng di dalam negeri.

Zulkifli Hasan meyakinkan bahwa kebutuhan minyak goreng dalam negeri tidak akan terganggu. Menurutnya stok bahan baku minyak goreng di Indonesia melimpah sehingga harga akan dijaga stabil sesuai HET Rp14.000/liter.

“Saya menjamin bahwa harga minyak goreng tidak akan naik dan akan tetap stabil, dalam keterangan resmi, Jumat 29 Juli 2022.

Saat ini stok bahan baku minyak goreng sangat melimpah. Tangki-tangki CPO di dalam negeri masih penuh, katanya.

Baca Juga: Perbaiki Harga TBS di Petani, Mendag Zulhas Sebut Indonesia Bakal Ekspor 1 Juta Ton CPO ke China

Ketua Umum PAN itu melanjutkan skema Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) masih tetap dipertahankan untuk menjamin suplai bahan baku minyak goreng ini tetap stabil.

Stabilitas stok bahan baku ini bertujuan menjaga harga minyak goreng curah dan kemasan premium di dalam negeri tetap terjangkau dan tetap stabil.

“Skema DMO dan DPO akan kami longgarkan setelah semua produsen minyak goreng dan industri CPO berkomitmen menjamin bahan baku minyak goreng tetap ada secara kontinyu, ucapnya.

Diketahui, Kementerian Perdagangan menindaklanjuti persetujuan hasil pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Perdana Menteri China Li Keqiang untuk menambah ekspor satu juta ton CPO kr negara tirai bambu.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015134250/mendag-zulhas-pastikan-ekspor-cpo-ke-china-tak-ganggu-minyak-goreng-dalam-negeri

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015134250/mendag-zulhas-pastikan-ekspor-cpo-ke-china-tak-ganggu-minyak-goreng-dalam-negeri
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Zulkifli Hasan,
companies ADA,
ministries Kemendag,
parties PAN,
topics ekspor,
products CPO,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina,
cities Tangki,