Covid-19 Masih Mengancam, Masyarakat Diminta Disiplin Prokes hingga Vaksinasi Booster

  • 29 Juli 2022 09:15:06
  • Views: 2

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masyarakat diminta untuk berperan aktif mencegah lonjakan kasus Covid-19 dengan cara memakai masker dan melengkapi diri dengan vaksinasi hingga dosis penguat atau booster.

Imbauan itu disampaikan Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Memakai masker dan protokol kesehatan lainnya serta diiringi dengan vaksinasi booster dapat mencegah lonjakan kasus Covid-19, tuturnya.

Prof. Wiku Adisasmito menegaskan masyarakat perlu konsisten menerapkan protokol kesehatan mengingat pada saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dinamika kenaikan, maupun penurunan baik angka kasus positif, kesembuhan maupun kematian akan terus bergulir jika kita semua tidak konsisten menjalankan upaya pencegahan baik dalam bentuk prokes maupun vaksinasi, jelas dia.

Wiku menuturkan, virus Covid-19 amat mudah bermutasi sehingga pada saat ini bermunculan varian dan subvarian baru.

Hal ini mengindikasikan bahwa manusia sebagai host atau target virus memberikan peluang lebih besar bagi virus untuk memperluas penularannya. Walau mutasi virus bersifat alamiah namun intensitasnya akan meningkat jika dibarengi laju penularan yang juga meningkat di masyarakat, ungkapnya.

Dalam satu tahun terakhir, tambah dia, telah terjadi pergeseran dominasi varian dari varian delta pada tahun 2021 menjadi varian Omicron sejak awal 2022 ini.

Bahkan karena tingginya mutasi varian Omicron ini, WHO telah menetapkan pemantauan khusus Omicron subvariants under monitoring di antaranya adalah BA.4, BA.5, BA.2.12.1 dan BA.2.75, katanya.

Terkait hal tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat untuk terus memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan, hingga vaksin booster guna mencegah lonjakan kasus. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/420759/covid19-masih-mengancam-masyarakat-diminta-disiplin-prokes-hingga-vaksinasi-booster

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/420759/covid19-masih-mengancam-masyarakat-diminta-disiplin-prokes-hingga-vaksinasi-booster
Tokoh



Graph

Extracted

persons Wiku Bakti Bawono Adisasmito,
companies Google, Telegram,
ngos WHO,
topics Omicron, Protokol Kesehatan, vaksin booster,
events vaksinasi,
products masker, vaksin,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,