Investasi Jepang Rp 75,4 Triliun Diharap Tekan Angka Pengangguran RI

  • 28 Juli 2022 22:58:34
  • Views: 3

Komitmen investasi yang dikantongi pemerintah Indonesia dari Jepang dan China harus kejar realisisanya agar bermanfaat bagi perekonomian dan pembangunan di Indonesia. Terlebih dalam kondisi krisis, para investor tentu akan berhati-hati dalam menggelontorkan uang mereka. Komitmen jangan cuma jadi seremonial tanpa hasil

“Tentunya mau mempunyai dampak yang memang signifikan, pertama komitmen harus berubah menjadi realisasi. kata Executive Director, Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri.

Dalam konteks ekonomi, pemerintah sudah mendapatkan komitmen. Kini tinggal pelaku bisnisnya yang bergerak. “Bagaimana komitmen ini bisa difasilitasi pemerintah kedua negara sehingga ada bisnis ke bisnis yang riil, imbuh Yose.

Sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berada di Jepang untuk bertemu sejumlah pengusaha kakap Jepang. Dari situ mengantongi komitmen investasi senilai USD 5,2 miliar atau Rp 77,9 triliun dari kunjungannya ke Jepang.

Sementara dari China, pemerintah China menyampaikan komitmennya untuk menambah impor CPO sebanyak 1 juta ton dari Indonesia. Selain itu, China juga akan memprioritaskan impor produk pertanian dari Indonesia. Kedua pemimpin juga membahas kerja sama pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Menurut data BKPM, kontribusi investasi terbesar PMA pada Kuartal 2 2022 dari China (USD 2,3 miliar) dan Jepang (USD 0,9 miliar).

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5026915/investasi-jepang-rp-754-triliun-diharap-tekan-angka-pengangguran-ri

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5026915/investasi-jepang-rp-754-triliun-diharap-tekan-angka-pengangguran-ri
Tokoh



Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto,
companies ADA, Google,
ministries BKPM,
ngos CSIS,
products CPO,
nations Indonesia, Jepang, Republik Rakyat Cina,
places KALIMANTAN UTARA,
cases pengangguran,