RRT Naikkan Impor CPO RI, Mendag Sebut Jokowi Selamatkan Jutaan Petani

  • 28 Juli 2022 21:52:36
  • Views: 7

Kamis, 28 Juli 2022 - 20:41 WIB

VIVA Nasional – Republik Rakyat Tiongkok atau RRT berkomitmen untuk menambah impor crude palm oil atau CPO sebanyak 1 juta ton dari Indonesia. Komitmen itu disampaikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa 26 Juli 2022 lalu.

Kesepakatan ini kemudian disambut positif oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas). Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu mengatakan, dari kesepakatan ini, akan meningkatkan jumlah dan nilai ekspor produk CPO Indonesia.

Beliau (Jokowi) selamatkan dan sejahterakan jutaan petani sawit, kata Zulhas di Serang, Banten usai menghadiri Pembukaan  Pasar Hasil Bumi dan Produk UMKM, Kamis 28 Juli 2022.

Petani

Petani sawit saat panen di OKU Selatan.

Zulhas menilai, tambahan pembelian CPO dari Tiongkok sangat penting bagi petani sawit di dalam negeri dan eksportir CPO. Jutaan petani terselamatkan dan makin sejahtera dengan tambahan pembelian ini. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, kata Zulhas.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li Keqiang. Presiden Jokowi berharap kerja sama Indonesia-RRT dapat terus ditingkatkan. 

Selain berkomitmen menambah impor CPO 1 juta ton, RRT juga berkomitmen untuk mengurai permasalahan logistik ekspor CPO ke Negeri Tirai Bambu itu. Dalam hal ini, Tiongkok akan memberikan tambahan kapal untuk keperluan ekspor tersebut.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1503127-rrt-naikkan-impor-cpo-ri-mendag-sebut-jokowi-selamatkan-jutaan-petani

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1503127-rrt-naikkan-impor-cpo-ri-mendag-sebut-jokowi-selamatkan-jutaan-petani
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Zulkifli Hasan,
ministries Kemendag,
parties PAN,
topics ekspor,
products CPO, UMKM,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places BANTEN,
cities Beijing, Serang, Tiongkok,