Metanesia, Metaverse Besutan Telkom

  • 28 Juli 2022 21:36:06
  • Views: 9

Merdeka.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui payung Leap-Telkom Digital akan segera menciptakan dunia metaverse yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Disematkan nama metaNesia, dunia metaverse buatan Telkom ini merupakan akronim dari Metaverse Indonesia.

Di sisi lain, akan banyak peluang-peluang baru yang tercipta dari kehadiran metaverse. Misalnya bagi korporasi, metaverse memberikan pengalaman baru bagi perusahaan serta konsumen dan target pasar yang akan dicapai, kata Ery Punta Hendraswara, Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia dalam keterangan resminya, Kamis (28/7).

taboola

Selama ini, menurut Ery, korporasi hanya dapat menjangkau konsumen secara daring dan luring. Kehadiran metaverse berada di antara dua hal tersebut. Artinya, metaverse menjadi komponen tambahan bagi korporasi untuk melayani konsumennya atau mendapatkan konsumen baru yang selama ini tidak terjangkau.

MetaNesia diharapkan bisa menjadi batu loncatan bagi perekonomian virtual di Indonesia yang tidak hanya mewahadahi perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga menjadi rumah bagi Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) menjangkau peluang-peluang baru.

Telkom dalam posisi mengajak, bahwa Telkom menjadi hub dan kita bisa bersama-sama membangun untuk metaverse-nya Indonesia. Kita terbuka untuk terhubung dengan metaverse lain yang sudah ada di Indonesia sehingga pertumbuhan metaverse di Indonesia jauh lebih cepat, jelas Ery.

Tak Harus Punya VR

Ery mengatakan kebanyakan orang masih memiliki persepsi keliru tentang metaverse. Misalnya saja, ketika ingin menjajal metaverse, maka pengguna diwajibkan memiliki Virtual Reality (VR).

Padahal metaverse more than that, ungkap Ery.

Lebih lanjut, Ery menyebutkan terkait interaksinya memang bisa menggunakan VR, namun juga augmented reality (AR). Bahkan ada juga interaksinya yang lebih sederhana, seperti menggunakan handphone atau PC layaknya bermain gim.

Sebenarnya, ada bentuk interaksi-interaksi baru yang dimungkinkan dari metaverse ini, jelas dia.

[faz]

https://www.merdeka.com/teknologi/metanesia-metaverse-besutan-telkom.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/metanesia-metaverse-besutan-telkom.html
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, metaverse,
bumns PT Telekomunikasi Indonesia Tbk,
organizations PERSEPSI,
products UMKM,
nations Indonesia,