5 ABG Kuras Ikan dan Perlengkapan Kolam, Korban Rugi Rp70 Juta

  • 28 Juli 2022 21:34:28
  • Views: 15

Merdeka.com - Lima orang anak baru gede ditangkap polisi karena melakukan pencurian ikan dan perlengkapan kolam. Akibatnya, korban mengalami kerugian sebanyak Rp70 juta.

Kelima pelaku adalah inisial TY (16), RP (15), dan RM (15), DS (17), dan FS (17), yang semuanya tinggal di Kecamatan Muara Beliti, Musi Rawas, Sumatera Selatan. Mereka diamankan di tempat berbeda berselang sehari usai penangkapan pertama.

taboola

Para tersangka beraksi dua kali di kolam milik korban Rusmini di Desa Tanah Priuk, Kecamatan Muara Beliti, Musi Rawas, Jumat (22/7) dini hari dan Senin (25/7) siang. Mereka tepergok saat beraksi untuk kedua kalinya.

Pada aksi kedua tersebut, anak korban memergoki dua pelaku sedang mencuri ikan lele dan patin di kolam. Korban sengaja menjaga kolam karena pada pencurian pertama seluruh ikan dan perlengkapan kolam habis digondol maling.

Sebelum beraksi, para pelaku terlebih dahulu merusak CCTV yang terpasang di kolam. Lalu mereka mengambil ikan menggunakan jala dan serokan hingga seisi kolam habis.

Kasatreskrim Polres Musi Rawas AKP Dedi Rahmat Hidayat mengungkapkan, kelima tersebut merupakan komplotan yang dua kali melakukan pencurian di kolam korban hingga menyebabkan kerugian sebesar Rp70 juta. Mereka nekat mengulangi kembali karena aksi pertama berhasil.

Awalnya diamankan dua tersangka, dari penyelidikan tiga tersangka lain ikut terlibat pada aksi pertama. Semuanya berstatus anak di bawah umur, ungkap Dedi, Kamis (28/7).

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan separuh dari hukuman Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Barang bukti disita jala dan CCTV yang rusak, sementara ikan curian sudah habis dijual kelima tersangka.

Walaupun masih anak-anak, aksi mereka cukup cerdas sehingga pada pencurian pertama menguras habis seisi kolam dan alat-alatnya, pungkasnya. [eko]

Baca juga:
Residivis di Depok Curi 2 Sepeda Senilai Rp260 Juta, Dijual Cuma Rp18 Juta
Marak Kriminalitas di 'Citayam Fashion Week', Motor Hilang hingga Sudah 50 HP Dicuri
Dalih Kartu Tertelan, Pencuri di Malang Hancurkan Mesin ATM Bank Jatim
Empat Tembakan Tidak Membuatnya Roboh, Ini Kesaksian Pencuri Motor di Pasuruan
Jemaah Haji Asal Jabar Kehilangan Rp14 Juta di Kamar Hotel di Mekkah
Besi Tower Digondol Pencuri, Jaringan Listrik di Kota Dumai Sempat Terganggu


https://www.merdeka.com/peristiwa/5-abg-kuras-ikan-dan-perlengkapan-kolam-korban-rugi-rp70-juta.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/5-abg-kuras-ikan-dan-perlengkapan-kolam-korban-rugi-rp70-juta.html
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Polisi,
topics haji, Listrik,
products CCTV,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TIMUR, RIAU, SUMATERA SELATAN,
cities Depok, Dumai, Malang, Pasuruan,
cases Maling, pencurian,
transportations sepeda,