Melihat Pelabuhan Ambon Berbenah, Bongkar Muat Kian Cepat

  • 28 Juli 2022 21:01:52
  • Views: 2

Jam operasional pun diubah mengikuti penambahan kapasitas lapangan peti kemas tersebut. Dulu, ujar Nengah Suryana, jam 10 malam pelabuhan sudah gelap.

Sekarang, manajemen Pelindo Regional 4 Ambon menerapkan waktu operasi selama tujuh hari kali 24 jam, dengan sistem tiga shift. “Sabtu dan Minggu sekarang kita sikat.

Namun, menurut dia, pada akhirnya yang paling penting dalam proses transformasi tersebut adalah change management.

“Percuma saja lapangan sudah ditata bagus, peralatan yang mumpuni didatangkan, dan juga punya aplikasi yang bagus, kalau orangnya tidak berubah. Karena itu, mindset harus diubah, mulai dari jajaran pimpinan sampai operator di lapangan, kata Nengah Suryana.

Manajemen Pelabuhan Ambon lalu memulai proses perubahan mindset dengan membawa para tenaga planner dan controller ke beberapa pelabuhan lain untuk belajar praktik kerja terbaik (best practices) dari mereka.

Terminal peti kemas yang dituju antara lain Jakarta International Container Terminal (JICT) di Pelabuhan Tanjung Priok dan terminal peti kemas di Pelabuhan Dwikora di Pontianak.

Mereka juga menjalani pelatihan di fasilitas Learning Center Pelindo. “Kami membekali mereka bagaimana business process yang baru. Kami memberikan kepada mereka gambaran besar tujuan tranformasi ini. Misalnya, para operator di lapangan perlu tahu apa tujuan akhir dari transformasi ini, bukan hanya memahami pekerjaan mereka sendiri. Mereka harus tahu mengapa proses bongkar muat harus cepat, bebernya.

Proses perubahan ini, lanjut Nengah Suryana, dimulai dari para manajer di level menengah, terutama para perencana dan kontroler karena kecepatan dan ketepa tan seluruh proses bongkar muat ada di tangan mereka.

“Selain itu, dengan posisi middle management, mereka bisa menjadi pembawa perubahan (agent of change). Mereka bisa menjadi role model bagi karyawan yang lain, tuturnya.

 

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5026763/melihat-pelabuhan-ambon-berbenah-bongkar-muat-kian-cepat

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5026763/melihat-pelabuhan-ambon-berbenah-bongkar-muat-kian-cepat
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
fasums Pelabuhan Tanjung Priok,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN BARAT, MALUKU,
cities Ambon, Pontianak, Tanjung Priok,