Temuan Cyber Ansor Jatim soal Gaduh Kasus Brigadir J di Medsos

  • 28 Juli 2022 19:52:01
  • Views: 4

Kamis, 28 Juli 2022 - 18:34 WIB

VIVA Nasional – Narasi dan kegaduhan di media sosial yang berkembang terkait kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sudah waktunya dihentikan. Hal itu diungkapkan oleh analis Intelijen Cyber Ansor Jatim, Zulham Akhmad Mubarrok. Dia meminta semua pihak berperkara menghentikan perang opini di media sosial sebagai ruang publik. 

“Proses investigasi Komnas HAM saya kira adalah jalan tengah bagi kegaduhan asumsi dan opini yang konspiratif. Sebaiknya semua menahan diri karena ini sudah menimbulkan persekusi sosial media, ujar Zulham. 

Brigadir

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J

Hasil Patroli Siber yang dilakukan tim Cyber Ansor Jatim mengungkapkan bahwa ada pihak tertentu yang melakukan upaya terstruktur untuk menurunkan citra Polri melalui berita-berita negatif. Dan hal itu, kata Zulham, bersumber dari dua kepentingan. Yakni, kepentingan elit politik Polri yang terjebak dalam konflik internal dan kepentingan pihak luar yang sengaja ingin menurunkan citra Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal LIstyo Sigit.

“Media sosial memiliki peran yang signifikan dalam membangun persepsi. Dan, harus ada sikap strategis dari lembaga terkait untuk meredamnya demi kebaikan bersama dan demi NKRI, ujar Pria yang juga Penasihat Komunitas Surabaya Black Hat (SBH) itu.

Menurut Zulham, telah terjadi pembelokan opini dari substansi perkara. Salah satu indikasinya adalah desakan yang kemudian muncul untuk menonaktifkan Polda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang sempat viral memeluk Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

Irjen

Irjen Ferdy Sambo dan Irjen Fadil Imran

 

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1503081-temuan-cyber-ansor-jatim-soal-gaduh-kasus-brigadir-j-di-medsos

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1503081-temuan-cyber-ansor-jatim-soal-gaduh-kasus-brigadir-j-di-medsos
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ferdy Sambo, Mohammad Fadil Imran,
companies ADA,
ministries Polda Metro Jaya,
organizations PERSEPSI,
ngos Komnas HAM,
topics NKRI, patroli siber,
places JAWA TIMUR,
cities Surabaya,
cases HAM,