Pendapatan Meta Turun untuk Pertama Kalinya, Reels Instagram Jadi Salah Satu Penyebabnya

  • 28 Juli 2022 18:17:57
  • Views: 12

KOMPAS.com - Pendapatan perusahaan teknologi yang memayungi Instagram, Facebook, dan WhatsApp, yaitu Meta Platform Inc (Meta), turun untuk pertama kalinya dalam sejarah. Hal itu disampaikan Meta dalam laporan keuangan kuartal-II tahun 2022 yang dirilis ke publik baru-baru ini.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa total pedapatan Meta kini berada di angka 28,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 430,4 triliun), turun 1 persen dari periode yang sama tahun lalu yang berkisar di angka 29 miliar dolar AS (sekitar Rp 433,4 triliun).

Karena pendapatannya turun, laba bersih (profit) Meta juga ikut turun, bahkan anjlok sekitar 36 persen ke angka 6,7 miliar dolar AS (sekitar Rp 100 triliun).

Baca juga: Induk Facebook Digugat Perusahaan Bernama Meta

Melalui sebuah postingan Facebook, CEO Meta Platforms, Mark Zuckerberg menjelaskan secara panjang lebar mengapa perusahaan yang dirintisnya itu mengalami penurunan pendapatan.

Salah satunya adalah fitur Reels yang belum bisa dimaksimalkan Instagram untuk mendulang pendapatan dari iklan.

Monetisasi di Reels tidak sebagus monetisasi di Instagram Stories atau Feed lantaran saat ini Reels masih berkembang. Sehingga di masa depan, ketika Reels tumbuh dan bisa dimonetisasi, maka pendapatan kami juga bisa tumbuh, ujar Zuckerberg.

Baca juga: Giliran Meta Lakukan PHK, Ratusan Karyawan Terdampak

Dihambat kebijakan Apple 

Faktor lain yang membuat pendapatan Meta turun adalah kebijakan Apple mempersulit para pengembang aplikasi, seperti Meta, melacak kebiasaan dan riwayat penelusuran pengguna di internet.

Seperti diketahui, layanan iklan yang dimiliki Meta, yang digadang-gadang sebagai mesin uang perusahaan tersebut, sepenuhnya mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna.

ilustrasiLater.com ilustrasi Instagram Reels

Jika tidak bisa dilacak, maka iklan yang disuguhkan berbagai aplikasi Meta mungkin tak akan sesuai dengan target pasar yang diinginkan.

Kebijakan Apple sangat berpengaruh pada bisnis iklan Meta, karena hal tersebut menghambat kinerja AI (kecerdasan buatan) kami untuk mengirimkan iklan yang sesuai kepada pengguna, tutur Zuckerberg.

Baca juga: Meta, Microsoft, Epic Games dkk Bersatu Bentuk Badan Metaverse


https://tekno.kompas.com/read/2022/07/28/15030017/pendapatan-meta-turun-untuk-pertama-kalinya-reels-instagram-jadi-salah-satu
 

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2022/07/28/15030017/pendapatan-meta-turun-untuk-pertama-kalinya-reels-instagram-jadi-salah-satu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mark,
companies Facebook, Instagram, metaverse, Microsoft, WhatsApp,
topics Instagram Reels,
products dolar AS,
cases PHK,
brands Apple,