Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta: Batas, Luas hingga Bentang Alam

  • 28 Juli 2022 16:48:03
  • Views: 5

Suara.com - Kekinian, kita perlu mengenal Pulau Kalimantan lebih banyak, apalagi daerah ini akan menjadi lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru. Maka dari itu informasi seputar kondisi geografis Pulau Kalimantan berdasarkan peta perlu dicermati.

Pemilihan Pulau Borneo sebagai lokasi ibu kota yang baru tentunya telah melalui berbagai studi dan pertimbangan. Salah satunya, karena Kalimantan dinilai letaknya tepat berada di tengah wilayah Indonesia.

Posisi Pulau Kalimantan yang seperti ini diklaim pemerintah akan mempercepat pemerataan. Apakah hal itu benar? Mari kita pelajari kondisi geografis Pulau Kalimantan berdasarkan peta mulai dari batas, luas hingga bentang alamnya.

1. Batas Pulau Kalimantan

Baca Juga: Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta: Batas, Luas hingga Bentang Alam

Letak astronomi Pulau Kalimantan adalah 7°LU (Lintang Utara) sampai 4°LS (Lintang Selatan) dan membentang antara 108°BB (Bujur Barat) sampai 119°BT (Bujur Timur). Posisi ini membuat Pulau Kalimantan dilewati garis Khatulistiwa (garis lintang 0°).

Bahkan di kota Pontianak, Kalimantan Barat terdapat tugu Khatulistiwa yang dibangun tahun 1928. Pulau Kalimantan juga termasuk salah satu wilayah Indonesia yang daratannya berbatasan langsung dengan negara lain.

  • Utara: berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan, Malaysia, dan Filipina
  • Selatan: berbatasan dengan Laut Jawa dan Pulau Jawa
  • Barat: berbatasan dengan Selat Melaka dan Pulau Sumatera
  • Timur: berbatasan dengan Selat Makassar dan pulau Sulawesi

2. Luas Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan juga termasuk dalam pulau besar di Indonesia, namun bukan yang paling besar. Luas pulau Kalimantan adalah 743.330 km2.

Secara administratif, Pulau yang termasuk dalam gugusan kepulauan Sunda Besar ini terbagi menjadi 5 provinsi.

Baca Juga: Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta: Batas, Luas hingga Bentang Alam

  • Kalimantan Barat, ibu kota Pontianak
  • Kalimantan Tengah, ibu kota Palangkaraya
  • Kalimantan Selatan, ibu kota Banjarmasin
  • Kalimantan Timur, ibu kota Samarinda
  • Kalimantan Utara, ibu kota Tanjung Selor

Begitu luasnya Kalimantan membuat pulau ini juga memiliki sumber daya alam berlimpah. Seperti pertambangan batubara, minyak bumi, intan hingga perkebunan sawit, karet, rotan.

Namun tingginya aktifitas pertambangan dan perkebunan memiliki dampak negatif terhadap hutan Kalimantan. Luas hutan terus terkikis karena pembukaan lahan perkebunan, membuat keanekaragaman hayati di Kalimantan terancam.

Aktivitas tambang yang ugal-ugalan juga memberikan ancaman kesehatan dan bencana bagi manusia.

3. Bentang Alam Pulau Kalimantan

Hutan
Hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan. [Rendy K/Shutterstock]

Hutan Kalimantan adalah habitat alami bagi orang utan, gajah borneo, badak borneo, landak, rusa, tapir dan beberapa spesies yang terancam punah lainnya.

Pulau Kalimantan sebenarnya memiliki Gunung tertinggi namun secara administratif letaknya berada di Malaysia, yang dimaksud adalah Gunung Kinabalu (4095 m).

Selain itu, Pulau Kalimantan juga memiliki beberapa sungai besar, diantaranya:

  • Sungai Kapuas di Kalimantan Barat (1143 km)
  • Sungai Barito di Kalimantan Tengah (880 km)
  • Sungai Mahakam di Kalimantan Timur (980 km)

Kalimantan juga memiliki lahan gambut dengan luas jutaan hektar. Rata-rata wilayah daratan rendah di sana merupakan rawa dengan air tawar.

Secara geologis, Kalimantan tidak masuk dalam jalur gunung api aktif (ring of fire). Makanya, relatif jarang terjadi bencana gempa vulkanis dan letusan gunung.

Seperti itulah penjelasan kondisi geografis Pulau Kalimantan berdasarkan peta mulai dari batas wilayah, luas dan bentang alamnya.


https://www.suara.com/news/2022/07/28/163625/kondisi-geografis-pulau-kalimantan-berdasarkan-peta-batas-luas-hingga-bentang-alam

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/28/163625/kondisi-geografis-pulau-kalimantan-berdasarkan-peta-batas-luas-hingga-bentang-alam
Tokoh

Graph