217 Warga Solo Terjangkit DBD, 6 Orang Meninggal Dunia

  • 28 Juli 2022 15:19:10
  • Views: 7

MerahPutih.com - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Jawa Tengah, mencatat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bengawan melonjak tajam pada pertengahan tahun ini.

Berdasarkan data dari Januari sampai Juni 2022, ada 217 warga terjangkit, enam orang di antaranya meninggal dunia.

Baca Juga

Menkes Tertarik soal Inovasi Baru Cegah Penyebaran DBD

Jumlah kasus DBD pertengahan tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Pada 2021 lalu sedikitnya ada 127 kasus dalam setahun dengan enam orang meninggal dunia, ujar Agus, Kamis (38/7).

Ia mengatakan dengan tingginya jumlah kasus DBD pihaknya meminta masyarakat lebih waspada terhadap bahaya dari virus yang berasal dari nyamuk Aedes aegypti itu. Melihat dari siklus lima tahunan memang Mei-Juni itu yang paling banyak catatan kasusnya.

Sampai Juni kemarin sudah ada 217 warga kena DBD dan enam orang meninggal. Jadi harus lebih waspada karena saat ini nyamuk banyak, kata dia.

Baca Juga

'Darurat' DBD di Singapura Pertanda Perubahan Iklim

Dilihat dari jumlah paparan kasus DBD, kata dia, jumlah pasien terbanyak memang dari kelompok usia anak.Sementara rata-rata kasus dengan pasien meninggal dunia lantaran masuk dalam kondisi darurat dan telat penanganan.

Kami meminta masyarakat agar lebih waspada dalam deteksi dini gejala penyakit agar lebih cepat tertangani dengan baik, kata dia.

Ia menyebut yang meninggal dunia mayoritas usia anak. Rata-rata masuk rumah sakit sudah kritis.

Banyak warga seakan enggan mengakses fasilitas kesehatan dalam melakukan deteksi dini. Tiba masuk rumah sakit penyakit DBD sudah parah, papar dia.

Disinggung soal sebaran kasus DBD di Solo, pihaknya memetakan kasus DBD tersebar hampir di setiap kelurahan. Dari 54 kelurahan di Solo, 39 kelurahan di antaranya telah tercatat sebagai lokasi dengan temuan kasus, hanya 15 kelurahan saja yang nihil DBD.

Untuk upaya antisipasi, kami meminta masyarkat menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk di lingkungan masing-masing, papar dia.

Camat Pasar Kliwon, Khoironi menambahkan selama pandemi COVID-19 berlangsung kegiatan PSN dan penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menurun. Selain itu, mengaktifkan kembali kader Jumantik untuk menggalakkan giat PNS perlu dilakukan di setiap lingkungan. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

162 Kabupaten dan Kota Laporkan Peningkatan Kasus DBD


https://merahputih.com/post/read/217-warga-solo-terjangkit-dbd-6-orang-meninggal-dunia

Sumber: https://merahputih.com/post/read/217-warga-solo-terjangkit-dbd-6-orang-meninggal-dunia
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Dinkes, Kemenkes,
nations Singapura,
places JAWA TENGAH,
cities Solo,
cases covid-19, Demam berdarah dengue,