HMI Cirebon: Tidak Ada Demokrasi Tanpa Kedaulatan Rakyat

  • 28 Juli 2022 15:07:12
  • Views: 13


Begitu pandangan yang disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon, Yasir Sutisna dalam melihat sikap pasif parpol terhadap harapan perubahan. Utamanya, terhadap penentuan figur calon presiden yang diharapkan memwa perubahan dan benar-benar pro rakyat.

Memang kita akui bahwa segala keputusan soal kandidasi Pemilu 2024 ada di tangan segelintir elite partai, kata Yasir kepada wartawan, Kamis (28/7).


Tetapi, perlu juga diketahui bahwa partai juga perlu mendengar aspirasi publik karena dari sana sumber dukungan dan legitimasi diperoleh, imbuhnya.

Kata dia, rakyat sebagai konstituen memiliki pengaruh kuat bagi eksistensi parpol. Untuk itu, nafas panjang partai akan terhenti tatkala gagal mengartikulasi tuntutan rakyat.

Kita hanya ingin mengingatkan kepada partai-partai yang hari ini berpeluang mengusung kandidatnya baik capres maupun cawapres agar menimbang lagi setiap keputusan yang akan diambil. Jangan sampai keputusan itu justru berbanding terbalik dengan apa yang di maui konstituennya, cetusnya.

Dia pun mengajak semua elemen gerakan mahasiswa dan pemuda agar bersama-sama mengawal proses demokrasi yang sehat dan berkedaulatan rakyat.

Sebab, tidak akan ada demokrasi tanpa hadirnya kedaulatan rakyat, pungkasnya.


https://politik.rmol.id/read/2022/07/28/541748/hmi-cirebon-tidak-ada-demokrasi-tanpa-kedaulatan-rakyat

Sumber: https://politik.rmol.id/read/2022/07/28/541748/hmi-cirebon-tidak-ada-demokrasi-tanpa-kedaulatan-rakyat
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
organizations Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), HMI,
religions Islam,
topics Pemilu 2024,
places JAWA BARAT,
cities Cirebon,